Sudah tau belum kalo Perusahan Listrik Negara ( PLN ) memiliki aplikasi bernama PLN Mobile. Aplikasi resmi milik PT PLN Persero ini sudah bisa kalian unduh di smartphone melalui Playstore loh, adabanyak sekali manfaat serta fitur yang terdapat di aplikasi PLN Mobile ini.
Pada artikel ini kami akan membahas mengenai manfaat dan fitur yang terdapat di aplikasi PLN Mobile bagi kalian yang belum mengetahuinya.
Apa Itu PLN Mobile ?

PLN Mobile merupakan aplikasi resmi milik PT PLN Persero yang dapat digunakan untuk melihat tagihan, membeli token hingga mendapatkan informasi pemadaman listrik.
Manfaat Menggunakan Aplikasi PLN Mobile
Tak dapat dipungkiri Listrik padam menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh masyarakat di Indonesia entah karena perbaikan, gejala alam atau hal lainnya.
Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile kalian bisa mendapatkan manfaat utama yaitu informasi terkait pemadaman listrik yang akan atau sedang terjadi di wilayah kalian serta perkiraan waktu menyala kembali layanan PLN tersebut. Dengan adanya notifikasi ataupun informasi tersebut tentunya membuat kita lebih tenang bukan.
Selain itu kalian juga dengan mudah dapat melakukan pengecekkan tagihan listrik serta melakukan pembelian token listrik menggunakan aplikasi pln mobile.
Menggunakan aplikasi ini kalian juga dengan mudah melakukan pengaduan layanan listrik melalui aplikasi.
Untuk lebih lengkap fitur yang terdapat pada aplikasi ini berikut akan kami berikan informasinya :
Fitur Aplikasi PLN Mobile
- Token & Pembayaran :Fitur untuk melihat tagihan PLN
- Pengaduan : Fitur untuk melakukan pengaduan layanan listrik yang terjadi
- Catat Meter : Fitur untuk melakukan pencatatan meter kwh melalui aplikasi
- Info Stimulus : informasi sitmulus diskon yang diberikan pemerintah
- Penyambungan Baru : Fitur yang berfungsi untuk melakukan penyambungan baru Listrik
- Perubahan Daya : fitur yang digunakan untk melakukan perubahan daya yang anda gunakan saat ini
- Simulasi Biaya : kalian bisa melihat simulasi biaya pemasangan baru, perubahan daya hingga melakukan pasang sementara
- Marketplace : fitur berbelanja menggunakan aplikasi pln mobile
- PLN Magazine : kumpulan berita terkait PLN
- Notifikasi : fitur yang menginformasikan kepada pelanggan terkait pemadaman listrik
Nah ada banyak sekali kan fitur serta manfaat yang bisa kalian gunakan jika menginstall aplikasi PLN Mobile. Jadi kalian wajib banget punya aplikasi yang satu ini loh. UNtuk cara registrasinya sendiri sangatlah mudah loh kalian bisa ikuti langkah dibawah ini :
Cara Registrasi PLN Mobile
- Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Google PlayStore
- Setelah aplikasi terinstall silahkan kalian klik tombol Daftar Sekarang
- Masukkan nama lengkap
- Masukkan email dan nomor handphone
- Masukkan Password
- Klik tombol Daftar
- Masukkan ID Pelanggan kalian
- Apabila diminta memasukkan kode undangan silahkan masukkan kode DBQ418 untuk mendapatkan bonus tambahan
Cara Upgrade Akun PLN Mobile
Kalian juga wajib melakukan upgrade akun unuk mendapatkan manfaat sera bonus lainnya, adapun untuk melakukan upgrade akun silahkan ikuti langkah berikut ini :
- Buka Aplikasi PLN Mobile
- Login menggunakan akun kalian
- Klik menu profile yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi
- Pilih Upgrade akun
- Klik tombol Mulai
- Foto KTP
- Masukkan nomor nik
- Klik tombol lanjutkan
- Foto Selfie dengan KTP
- Menunggu proses verifikasi
Proses verifikasi sendiri dapat berlangsung hingga 3 hari kerja,jadi mohon menunggu proses verifikasi yang dilakukan.
Cara Pasang Baru
Untuk melakukan pemasangan baru melalui aplikasi pln mobile silahkan ikuti langkah berikut :
- Buka aplikasi PLN Mobile
- Pilih menu penyambungan baru
- Klik Tombol mulai
- Pilih Titik lokasi pemasangan
- Klik Tombol Konfirmasi
- Masukkan Informasi yang dibutuhkan
Setelah melakukan permohonan penyambungan baru kalian akan diberikan informasi ataupun dihubungi oleh team PLN dan proses pemasangan akan segera dilakukan.
Cara Membuat Pengaduan
Menmiliki kendala terkait kelistrikan di rumah kalian yang berhubungan dengan PLN maka kalian bisa melakukan pengaduan dengan langkah :
- Login Aplikasi
- Pilih menu Pengaduan
- Pilih Topik yang ingin diadukan
- Ikuti langkah selanjutnya
Proses pengaduan kalian akan segera diporses oleh CS PLN dan petugas akan segera memperbaikinya.
Cara Penambahan Daya
Seiring dengan bertambahnya pemakaian perangkat listrik tentunya daya yang kalian gunakan saat ini akan mengalami kekurangan yang berakibat sering turunnya MCB pada Kwh meter PLN. Apabila sering terjadi seperti ini maka kalian wajib untuk melakukan penambahan daya, Untuk melakukan penambahan daya melalui aplikasi PLN Mobile silahkan ikuti langkah berikut :
- Login ke aplikasi
- Pilih menu perubahan daya
- Klik Tombol mulai
- MAsukkan id pelanggan
- Masukkan detail lokasi
- Pilih Layanan
- Isi data SLO
- Pilih token khusu pelanggan prabayar
- Isi data pelanggan
Setelah melakukan permintaan tambah daya maka proses pengajuan kalian akan segera ditindaklanjuti.
Itulah tadi Sekilas terkait aplikasi PLN Mobile yang wajib kalian miliki.