4 Cara Mengatasi Lampu Indikator LOS Indihome Kedip Merah

Bagi kalian yang berlangganan internet Indihome mungkin pernah atau suatu saat kalian akan mendapati koneksi internet yang tiba-tiba mati, ketika di cek pada modem didapati lampu internet mati dan lampu Indikator LOS Indihome kedip merah.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai penyebab dari lampu indikator LOS Indihome kedip merah serta cara mengatasinya. Jadi simak terus ya.

Penyebab Lampu Indikator LOS Indihome Kedip Merah

Lampu LOS pada modem Indihome berkedip merah menandakan koneksi dari modem ke jaringan internet TIdak ada dengan berbagai penyebab antara lain :

  1. Soket kabel Fiber pada modem tidak pas
  2. Kabel Fiber yang berwarna hitam atau kuning putus atau terlipat
  3. Kabel dari rumah ke ODP putus
  4. Gangguan Massal

Cara Mengatasi Lampu Indikator LOS Indihome Kedip Merah

Cara Mengatasi Lampu Indikator LOS Indihome Kedip Merah

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan seperti berikut ini :

1. Tanya Tetangga

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah bertanya dengan tetangga kalian yang juga berlangganan Indihome apakah koneksi mereka mati atau hidup. Jika mati kemungkinan besar adanya gangguan massal. Untuk mengatasi nya kalian hanya perlu menunggu saja hingga koneksi kembali normal

2. Matikan Modem

Langkah kedua apabila koneksi tetangga normal, kalian bisa coba mematikan modem Indihome kalian terlebih dahulu selama 5 menit dengan cara menekan tombol power yang berada pada sisi belakang modem serta mencabut adapator listriknya.

Setelah 5 menit hidupkan kembali dan tunggu hasilnya apakah Lampu LOS masih berkedip merah atau tidak.

3. Cek Kabel Patch Cord

Coba kalian lihat kabel Patch Cord atau fiber yang berwana kuning atau hitam apakah ada yang terpotong atau terlipat. jika ada coba kalian luruskan lagi, jika putus terpaksa kalian harus menghubungi layanan pelanggan Indihome.

BACA JUGA  Tutorial Daftar Cloud VPS Idcloudhost Bonus Saldo Hingga 100 Ribu

Apabila kabel normal kalian bisa ikuti langkah berikut terlebih dahulu :

  1. Pastikan kabel patch cord (kabel berwarna hitam atau kuning dengan ujung kabel berwarna biru) terpasang dengan benar
  2. Pasang kabel patch cord sampai berbunyi “Klik”, kemudian tunggu sampai lampu Power PON/LINK, Internet, Wi-Fi pada ONT menyala
  3. Lalu coba koneksikan :
  • Pakai kabel LAN : Dipastikan Kabel LAN sudah terpasang/tertancap dengan kencang/benar pada port LAN 3 ONT.
  • Pakai Wi-Fi : Jika lampu Wi-Fi ONT mati tekan tombol Wi-Fi sampai menyala.

4. Hubungi Layanan Pelanggan

Langkah terakhir apabila ketiga cara diatas sudah dilakukan tapi masih terkendala adalah menghubungi layanan pelanggan Indihome untuk dibantu dibuatkan tiket perbaikan.

Untuk cara melaporkannya sendiri kalian bisa mengubungi layanan pelanggan melalui media sosial facebook @INDIHOME CARE , atau melalui twitter dengan akun @IndihomeCare dan bagi kalian yang telah menggunakan aplikasi MyIndihome kalian bisa membuat tiket perbaikan dengan langkah seperti dibawah ini :

  1. Buka Aplikasi MyIndihome
  2. Pilih Menu Bantuan
  3. Pilih Menu Pengaduan Layanan
  4. Pilih Nomor Layanan
  5. Pilih Internet tidak dapat diakses
  6. Pada kolom keterangan isikan permasalahan yang kalian hadapi
  7. Klik Kirim

Selain cara diatas kalian juga dapat langsung mendatangi Plasa Telkom terdekat untuk pelaporan masalah. Setelah kalian membuat laporan masalah maka kalian harus menunggu hingga petugas memperbaiki jaringan kalian yang dapat memakan waktu hingga 2×24 jam setelah pelaporan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *