24 Januari Diperingati Sebagai Hari Apa?

24 Januari Diperingati Sebagai Hari Apa?Source: bing.com

Sejarah 24 Januari

Tanggal 24 Januari mempunyai sejarah yang sangat penting dan diperingati sebagai hari yang bersejarah. Pada tahun 1965, tepat pada tanggal 24 Januari, terjadi peristiwa yang menjadi awal dari Konfrontasi Indonesia-Malaysia. Peristiwa tersebut terjadi ketika sepuluh orang anggota gerilya Indonesia yang dipimpin oleh Kapten Suparman menyerang kantor Polisi dan Perdagangan Britania Raya di Labis, Johor, Malaysia.

Peristiwa tersebut menjadi awal dari perang yang cukup panjang antara Indonesia dan Malaysia. Perang yang berlangsung selama tiga tahun ini menyebabkan banyak sekali korban jiwa dan harta benda. Baru pada tahun 1966, kedua negara sepakat untuk menghentikan perang dan memulai negosiasi untuk menyelesaikan masalah perbatasan.

Makna 24 Januari

Setelah peristiwa Konfrontasi Indonesia-Malaysia, tanggal 24 Januari kemudian diperingati sebagai Hari Peringatan Konfrontasi Indonesia-Malaysia. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Malaysia akan pentingnya menjaga perdamaian dan persahabatan antar negara.

Selain itu, tanggal 24 Januari juga memiliki makna penting bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 1946, tanggal 24 Januari merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada hari itu, dibentuk Badan Pengurus Pusat Gerakan Angkatan Muda (BP-PETA) di Jakarta.

Peringatan 24 Januari di Indonesia

Di Indonesia, tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Peringatan Konfrontasi Indonesia-Malaysia dan juga sebagai Hari Angkatan Muda Pembangunan. Pada hari ini, biasanya diadakan upacara dan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan pada peringatan 24 Januari adalah upacara bendera, pawai karnaval, lomba-lomba, seminar, dan konser musik. Kegiatan-kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

BACA JUGA  Cara Efektif Cuci Muka untuk Menghilangkan Jerawat

Kesimpulan

Tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Peringatan Konfrontasi Indonesia-Malaysia dan juga sebagai Hari Angkatan Muda Pembangunan. Peristiwa Konfrontasi Indonesia-Malaysia pada tahun 1965 menjadi awal dari perang yang berlangsung selama tiga tahun antara Indonesia dan Malaysia. Setelah perang berakhir, tanggal 24 Januari kemudian diperingati sebagai Hari Peringatan Konfrontasi Indonesia-Malaysia. Di Indonesia, tanggal 24 Januari biasanya diperingati dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *