Tutorial Menambah, Hapus dan Edit User WordPress 2022

Qtech.id — Menambah, hapus dan edit user WordPress kadang kala diperlukan ketika memiliki team untuk mengurus website yang kita miliki. Dengan menambah user maka privacy kita sendiri dapat lebih terjaga.

Selain itu ketika kalian membuat website berbentuk marketplace atau website jualan yang mengharuskan user untuk login terlebih dahulu kalian juga dengan mudah membuatnya.

Dalam wordpress sendiri sudah memiliki fitur untuk melakukan hal tersebut dan kita tinggal mengaturnya saja, Selain itu wordpress juga memiliki roles-roles tersendiri ketika kita melakukan penambahan user antara lain :

Roles User WordPress

Pelanggan : User yang memiliki roles pelanggan hanya dapat melakukan registrasi dan meilhat-lihat tampilan luar saja tanpa bisa melihat panel admin layaknya user biasa. Roles ini sendiri biasa diberikan apabila kalian memiliki website berbentuk ecommerce atau webite jualan.

Kontributor : User yang memiliki roles ini dapat melakukan penulisan artikel sendiri namun tidak dapat melakukan upload foto ataupun mempublikasikan tulisan tersebut. Hasil tulisan yang dibuat oleh kontributor hanya dapat disimpan dan baru dapat diterbitkan oleh pengguna diatasnya.

Penulis : User dengan roles ini dapat melakukan penulisan artikel, mengedit artikel serta mempublikasikan artikel miliknya dan milik kontributor serta dapat melakukan upload file atau foto. Meski demikian roles penulis tidak dapat melakukan hal lain selain kedua hal tersebut.

Editor : User dengan roles ini dapat melakukan segala hal layaknya admin namun masih terbatas karena tidak bisa melakukan penambahan ataupun menghapus Plugin, tema serta mengedit pengaturan.

BACA JUGA  Cara Daftar FF Advance Server 2022 Lengkap

Administrator : Administrator merupakan roles tertinggi dimana user dengan roles ini dalam mengakses seluruh menu dan fitur yang ada dalam wordpress.

Super Administrator : User Super Administrator hanya tersedia dalam wordpress yang memiliki fingsi Multisite dimana Super administrator dapat melakukan segala hal pada setia site yang tersedia.

Setelah mengetahui Roles-Roles yang ada pada wordpress sekarang kita mulai tutorialnya.

Cara Menambah User WordPress

Login Sebagai Administrator

Pastinya langkah pertama kalian haruslah seorang administrator dan melakukan login terlebih dahulu karena hanya administrator yang dapat melakukan penambahan user.

Tambah Baru Pengguna

cara menambah user wordpress

Setelah kalian melakukan login sebagai administrator maka langkah selanjutnya adalah klik menu Pengguna kemudian klik submenu Tambah Baru.

Setelah kalian klik menu tersebut maka kalian akan ditampilkan banyak kolom-kolom yang tersedia seperti gambar diatas. Adapun yang harus kalian isi sebagai berikut :

  1. Nama Pengguna (wajib) : Yang pertama adalah memasukkan nama pengguna dimana nama pengguna ini akan digunakan ketika hendak login ke wordpress ( username )
  2. Email (wajib) : Masukkan alamat email dari user tersebut yang nantinya digunakan ketika user lupa password ataupun notifikasi lainnya.
  3. Nama Depan : Silahkan isi nama depan user tersebut
  4. Nama Belakang : Silahkan isi nama belakang user tersebut
  5. Situs web : Dapat kalian isi dengan situs web kalian atau situs web user jika dia memiliki website lainnya atau kosongkan saja
  6. Bahasa : Jika memilih bawaan situs maka user baru tersebut ketika login mengikuti bahasa bawaan. Kalian bisa melakukan perubahan sesuai dengan bahasa masing-masing
  7. Sandi : silahkan masukkan password untuk user baru tersebut. User baru tersebut nantinya juga dapat melakukan editing sendiri dan merubah passwordnya
  8. Kirim Notifikasi Pengguna : Ceklist agar user tersebut mendapatkan notifikasi melalui alamat emailnya
  9. Peranan : isi sesuai dengan roles yang diberikan
BACA JUGA  Cara Install dan 2 Langkah Update Dapodik Terbaru di Komputer / Laptop

Ketika sudah selesai kalian dapat klik tombol Tambah pengguna Baru maka selesailah pembuatan user wordpress dan user tersebut dapat melakukan login.

Cara Mengedit User WordPress

Selanjutnya adalah melakukan editing atau mengubah user yang telah ada baik itu merubah password kalian sendiri ataupun mengubah password user lainnya. Untuk langkahnya seperti berikut :

Mengubah Pengguna

cara edit user wordpress

Untuk melakukan edit user silahkan kalian pilih menu Pengguna kemudian klik sub menu Semua Pengguna kemudian klik tombol Sunting.

Setalh klik tombol sunting kalian dapat mengubah user tersebut mulai dari nama hingga password yang digunakan saat ini.

Menghapus User WordPress

Tutorial yang terakhir adalah menghapus user wordpress. Hal ini dilakukan karena user tersebut sudah tidak aktif ataupun user tersebut sudah tidak mengelola situs yang kalian miliki. Untuk mencegah segala hal lebih baik kalian menghapusnya, untuk menghapusnya sendiri langkah yang dilakukan sama dengan langkah mengedit user.

Namun untuk menghapus user kalian tidak perlu klik tombol sunting melainkan ceklist kotak disebelah nama user kemudian pilih tindakan massal kemudian pilih hapus dan terakhir klik tombol terapkan.

Itulah tadi Tutorial Menambah, Hapus dan Edit User WordPress 2022. Semoga membantu kalian. Terimakasih

Qtech

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …