2 Cara Update Ubuntu Server Sistem dan Aplikasi

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial update ubuntu server yang bisa kalian jadikan rekomendasi ketika hendak melakukan update.

Ubuntu server merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan pada server website. Ubuntu sendiri termasuk yang paling sering melakukan update baik pada sistem operasi ataupun aplikasi servernya.

Update sendiri bertujuan untuk memperbaharui sistem serta memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya agar sistem operasi yang digunakan dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala.

Update sendiri biasa dilakukan oleh pengelola server baik itu perusahaan hosting ataupun perorangan yang menggunakan hosting vps ke atas karena untuk melakukan update diperlukan akses ssh.

Update pada ubuntu sendiri terdiri dari dua macam dan cara untuk melakukan updatenya juga berbeda yaitu :

  1. Update sistem tanpa security updates
  2. Update sistem dengan security updates

Kalian akan melihat notifikasi tersebut ketika kalian melakukan login ke server melalui SSH, apabila terdapat notifikasi update sebaiknya kalian langsung melakukan update ya, untuk langkah updatenya sendiri sebagai berikut.

Tutorial Update Ubuntu Server

Update Tanpa Security Updates

Cara Update Ubuntu Server Sistem dan Aplikasi

Tutorial Update yang pertama adalah update ubuntu server dengan notifikasi update tanpa adanya security update. berikut langkahnya.

Login Ke server

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan login ke server dengan menggunakan ssh. Kalian bisa menggunakan putty untuk login ke server melalui ssh. Untuk langkahnya sendiri kalian buka aplikasi putty kemudian masukkan alamat IP server kemudian klik tombol Open.

BACA JUGA  Cara Cek Resi JNE, J&T, Sicepat, Wahana Dan Lainnnya Lengkap 2022

Proses Update

Setelah klik tombol open maka kalian akan diminta untuk memasukkan username, silahkan masukkan username root server kalian kemudian klik enter.

Setelah itu kalian akan diminta memasukkan password root, silahkan masukkan password kemudian klik enter.

Setelah berhasil login maka langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah dibawah ini :

apt-get update

Perintah diatas bermaksud memverifikasi repository yang akan digunakan apakah masih tersedia atau tidak. Apabila masih tersedia maka akan menunjukkan hasil seperti gambar dibawah ini.

Setelah menunjukkan hasil seperti diatas,langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah dibawah ini :

apt-get upgrade

Perintah diatas bermaksud untuk melakukan pengecekkan terhadap sistem yang kalian gunakan apakah sudah terupdate atau belum apabila belum maka kalian akan diminta untuk melakukan update dengan mengetikkan huruf Y dilanjutkan dengan klik enter.

Setelah mengetikkan huruf Y dan klik enter maka kalian harus menunggu hingga proses update selesai. Untuk lama prosesnya sendiri tergantung dari spesifikasi server yang kalian gunakan.

Ketika proses sudah selesai maka langkah terakhir adalah melakukan reboot server untuk memastikan semua pembaharuan telah terinstall dan berjalan dengan mengetikkan perintah

reboot

Update Dengan Security Update

Pada update kedua ini apabila disaat kalian login terdapat 2 notifikasi update seperti gambar diatas dimana salah satunya adalah security update. Security update sendiri merupakan versi update kernel-kernel terbaru dari ubuntu dan sangat wajib untuk diupdate agar sistem yang kalian gunakan aman.

Untuk perintah updatenya sendiri berbeda dengan update tanpa security update. Adapun langkahnya seperti berikut :

Login Server

Pastikan kalian login ke server menggunakan akun root. untuk langkahnya sendiri kalian bisa mengikuti tutorial login pada cara update tanpa security update.

Proses update

Setelah berhasil login maka kalian bisa ketikkan perintah dibawah ini dilanjutkan dengan klik enter

apt-get update

Proses awal ini sama dengan proses awal update tanpa security update dimana kita perlu melakukan pengecekkan sumber repository terlebih dahulu.

BACA JUGA  Linode Free Trial, Dapatkan $100 Untuk dua Bulan Terbaru Wajib Tau

Setelah selesai selanjutnya kalian bisa ketikkan perintah dibawah ini dilanjutkan klik enter

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Setelah mengetikkan perintah diatas maka kalian akan diminta untuk mengkonfirmasikan proses update dengan mengetikkan perintah Y kemudian klik enter dan tunggu hingga proses update selesai.

Setelah proses update selesai selanjutnya ketikkan perintah dibawah ini

apt-get autoremove

Fungsi perintah diatas adalah untuk membuang kernel lama yang sudah tidak terpakai agar tidak memenuhi disk yang kalian miliki.

Setelah membuang kernel lama langkah terakhir adalah melakukan reboot server dengan mengetikkan perintah

reboot

Sampai tahap ini selesailah proses update ubuntu server yang kalian gunakan.

Kesimpulan

  • Ubuntu akan melakukan update secara berkala untuk memperbaharui sistemnya
  • Update yang dilakukan terdiri dari dua yaitu tanpa system update dan dengan system update dimana akan memperbaharui kernel yang ada.
  • Disaat melakukan update pastikan dilakukan ketika pengunjung website sepi atau bisa dilakukan ketika tengah malam karena diperlukan rebbot yang pastinya akan menggangu pengunjung website kalian.

Itulah tadi Cara Update Ubuntu Server Sistem dan Aplikasi. Semoga membantu kalian.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …