Tutorial Install Plugin Site Kit di WordPress, Plugin Official Google 2022

Sebagian dari kalian mungkin sudah tau atau bahkan sudah menggunakan Plugin Site kit, namun masih ada beberapa pengguna WordPress yang belum tau akan fungsi dan manfaat dari plugin resmi miliki Google ini, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas mengenai Plugin Site Kit yang tegolong penting dan memiliki banyak manfaat lengkap dengan tutorial instalasi pada wordpress.

Apa Itu Plugin Site Kit ?

Site Kit merupakan Plugin Wordpres resmi milik Google yang memungkinkan pengguna WordPress untuk mengintegrasikan website yang dimiliki ke beberapa tools penting Google serta menampilkan data tersebut langsung melalui dashboard WordPress.

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Plugin Site Kit

Seperti kita ketahui, Google memiliki banyak sekali tools webmaster yang berguna untuk optimasi hingga monetisasi website diantaranya Google Search Console, Google Analytics, Google Tag Manager, Optimize dan Google Adsense.

Plugin Site Kit sendiri memiliki fungsi yang dapat mengintegrasikan atau mengkoneksikan tools-tools yang kami sebutkan dengan website yang kalian miliki.

Selain memiliki fungsi tersebut, Plugin ini memliki manfaat diantaranya :

fungsi dan manfaat plugin site kit untuk search console
gambar screenshoot google search console

Bukan rahasia lagi, agar website yang kalian miliki muncul pada laman pencarian Google kalian harus melakukan pendaftaran ke Google Search Console.

Dengan menggunakan Plugin ini kalian dapat melakukan registrasi ke Google search Console tanpa harus melakukan penginputan manual kode verifikasi Search Console.

BACA JUGA  Cara Daftar, Cek dan Buat Sertifikat Perjalanan Luar Negeri Di Pedulilindungi 2022

Setelah terintegrasi dengan search console kalian dengan mudah dapat memantau atau menganalisa pengunjung dan performa website yang kalian miliki di pencarian google langsung melalui dashboard wordpress.

2. Google Analitycs

Kalian juga dapat langsung melakukan registrasi ataupun login ke akun Google Analytics tanpa harus menempatkan kode pada website kalian serta memantaunya langsung dari dashboard wordpress.

3. Google Adsense

Menggunakan plugin ini sangat mempermudah kalian dalam melakukan registrasi atau login ke akun adsense yang kalian miliki, sama seperti kedua hal diatas, kalian juga tidak perlu repot menempatkan kode verifikasi serta kode iklan otomatis secara manual karena hal tersebut dilakukan secara otomatis.

Kalian juga dapat memantau pendapatan adsesne kalian langsung dari dashboard wordpress yang kalian miliki.

4. Google Page Speed Insight, tag Manager & Optimize

Selain ketiga tools yang kami sebutkan diatas kalian juga dengan mudah mengaktifkan fungsi Pagespeed insight, tag manager dan optimize langsung melalui menu plugin dan memantaunya langsung dari akun dashboard.

Setelah mengetahui fungsi dan manfaatnya sekarang kita lanjut ke langkah menginstall plugin Site Kit pada situs berbasis WordPress yang kalian miliki.

Tutorial Install Plugin Site Kit

Sebelum kalian melakukan instalasi plugin ini pastikan kalian telah melakukan login terlebih dahulu ke akun google milik kalian pada browser yang digunakan ya.

Install Plugin Site Kit

cara install plugin site kit

Untuk menginstall plugin site kit silahkan kalian klik menu plugin kemudian klik sub menu tambah baru dilanjutkan ketikkan Site Kit pada kolom pencarian plugin dan tunggu hingga loading pencarian selesai.

Setelah pencarian selesai kalian akan melihat Plugin dengan logo Google tersebut seperti gambar diatas. Silahkan kalian klik tombol Install Sekarang kemudian tunggu hingga tombol tersebut berubah menjadi tulisan Aktifkan dan kalian klik aktifkan.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Gratis Saldo Upcloud $50

Jalankan Setup

jalankan setup google site kit

Setelah plugin berhasil terinstall maka kalian akan diarahkan secara otomatis ke laman plugin terinstall dimana terdapat notifikasi Congratulations, the Site Kit plugin is now activated. Untuk memulai proses integrasi silahkan klik tombol Start Setup.

Untuk diketahui pada tahap awal secara default site kit akan menghubungkan terlebih dahulu website kalian ke search console.

Proses Setup

proses setup site kit

Selanjutnya silahkan kalian ceklist kotak Help us improve Site Kit by sharing anonymous usage data kemudian klik tombol Sign In With Google untuk melanjutkan.

Login Ke Akun Google

login ke akun google
gambar screenshoot google

Silahkan kalian klik tombol Login Dengan Google untuk memverifikasi jika memang benar kalian adalah pemilik akun email tersebut.

gambar screenshoot google

Selanjutnya kalian akan diminta untuk melakukan proses persetujuan untuk menghubungkan akun email atau akun google kalian ke site kit, silahkan kalian klik tombol Lanjutkan.

gambar screenshoot google

Verifikasi Kepemilikan Situs

gambar screenshoot google

Klik tombol Izinkan untuk memverifikasikan situs kalian ke akun site kit dan secara otomatis file verifikasi diunggah.

Siapkan Search Console

tambahkan situs ke search console melalui site kit
gambar screenshoot google

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan atau menambahkan situs kalian secara otomatis ke search console dengan klik tombol Tambahkan Situs.

Setelah selesai menambahkan situs silahkan kalian klik tombol Buka Dasbor Saya untuk kembali kehalaman dashboard wordpress website kalian.

Hingga tahap ini , kalian telah berhasil melakukan integrasi website yang kalian miliki ke Google Search Console.

Untuk menambahkan akun Analytics, Adsense, Page Speed Insight, Tag Manager dan Optimize dapat kalian lakukan secara terpisah melalui menu site kit kemudian ke submenu setelan dan pilih akun mana yang ingin kalian tambahkan.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …