Tutorial Install Quic Cloud CDN Di WordPress 2022

Qtech.id — Quic Cloud CDN merupakan salah satu Content Delivery Network ( CDN ) yang sangat kami rekomendasikan untuk kalian gunakan terlebih jika kalian menggunakan server berbasis litespeed dan melakukan instalasi litespeedcache.

Quic Cloud CDN sendiri memiliki banyak sekali pop cdn yang bisa kalian gunakan dan salah satunya ada di Indonesia. Seperti kita ketahui, hanya sedikit sekali CDN yang memiliki pop di Indonesia.

Layanan CDN ini sendiri memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya sendiri akan disesuaikan dengan versi server yang kalian gunakan.

Sedangkan versi berbayarnya dihitung dengan kredit per Gb nya. dimana untuk biaya nya seperti berikut :

  1. North America: 10 credits/GB
  2. Europe: 10 credits/GB
  3. Russia: 20 credits/GB
  4. Latin America: 40 credits/GB
  5. Asia: 40 credits/GB
  6. Oceania: 40 credits/GB
  7. Middle East: 40 credits/GB
  8. Africa: 40 credits/GB

Untuk sistem perhitungan biayanya nya sendiri dihitung per pemakaian atau Pay As You Go dimana untuk sekali topup kalian akan dikenakan biaya minimum $5 untuk 5000 kredit. Cukup murah kan untuk fitur yang sangat penting ini.

Sebelum kita memulai ketutorialnya ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu hal terkait CDN ini

Apa Itu CDN ?

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network yang merupakan kumpulan dari server yang diletakkan pada beberapa data center di berbagai negara.

Seperti namanya, CDN berfungsi untuk mengirimkan konten-konten yang ada pada website kalian muali dari javascript, CSS hingga gambar.

BACA JUGA  Cara Daftar Rekening BNI Prakerja 2022

Manfaat Menggunakan CDN

Pastinya diantara kalian masih ada yang bertanya apa sih manfaat menggunakan CDN. Ada banyak sekali manfaatnya loh, diantaranya :

1. Mampu Menangani Banyak Visitor

Jika kalian memiliki banyak visitor menggunakan CDN dapat menjadi solusi karena sistem cache yang dimiliki CDN. Jadi ketika visitor mengunjungi website kalian maka yang dibuka adalah cache dari CDN.

2. Mengurangi Beban Server

Selanjutnya CDN mampu mengurangi beban server karena seluruh data telah di cache pada lokasi popup masing-masing. Jadi ketika visitor membuka website kalian, yang diakses adalah CDN bukan langsung ke server.

3. Mempercepat Website

Menggunakan CDN dapat mempercepat website kalian loh, karena seluruh data penting yang paling sering diakses seperti javascript dan lainnya di kirimkan melalui CDN.

CDN juga sangat penting bagi kalian yang memiliki visitor dari berbagai negara karena setiap visitor tersebut akan mengakses server pop terdekat dari lokasi mereka.

4. Membuat Website Lebih Aman

Website kalian akan lebih aman dari tindakan DDOS, dan tindakan lainnya karena CDN memiliki sistem proteksi dan firewall yang handal.

Kekurangan Menggunakan CDN

Memiliki banyak kelebihan tentunya memiliki kekurangan, adapun kekurangan menggunakan CDN sebagai berikut :

  1. Memerlukan biaya tambahan
  2. Ketika server CDN down maka website kalian tidak dapat diakses meskipun server kalian berjalan normal.

Oke itulah tadi sebagian kelebihan dan kekurangan menggunakan CDN. Selanjutnya kita membahas cara Insatalasinya pada WordPress.

Tutorial Install Quic Cloud CDN di WordPress

Pastikan Telah Tipe Server dan Plugin Litespeed

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah memastikan jenis server yang kalian gunakan karena quic cloud akan berjalan baik pada server litespeed.

Selain itu apabila server kalian sudah menggunakan Litespeed maka kalian wajib melakukan instalasi plugin Litespeed Cache.

BACA JUGA  Cara Install dan 2 Langkah Update Dapodik Terbaru di Komputer / Laptop

Konfigurasi Plugin

Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada plugin litespeed cache. adapun langkahnya seperti berikut :

1. Buka Menu Litespeed Cache melalui dashboard wordpress kemudian pilih sub menu umum Kemudian Minta Kunci Domain

cara install quic cloud cdn di wordpress

Setelah kalian berhasil mendapatkan kunci domain maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Tautkan ke Quic maka kalian akan diarahkan kelaman login quic.cloud. Apabila kalian belum memiliki akun silahkan lakukan registrasi dan hubungkan situs kalian.

Apabila berhasil maka tombol sambungkan ke quic berubah menjadi kunjungi dashboard saya di quiccloud seperti gambar diatas.

2. Masih pada menu litespeed cache silahkan kalian pilih submenu CDN lalu aktifkan CDN Quic Cloud.

Hingga tahap ini selesai untuk pengaturan di wordpress dan plugin litespeedcache.

3. Login ke akun Quic.cloud menggunakan akun yang telah kalian miliki ketika melakukan sambungan plugin tadi.

Setelah berhasil login silahkan klik menu DNS Zone yang terletak di pojok kanan atas dan klik Add New Domain to DNS Zones dilanjutkan masukkan nama domain kalian pada kolom yang tersedia dan klik tombol ADD Domain.

Maka secara otomatis kumpulan record domain kalian akan terdeteksi.

Pada bagian bawah kalian akan melihat Name Server yang akan kalian gunakan untuk merubah settingan Name server domain kalian.

4. Mengubah Name server doman pada registar domain yang kalian gunakan menjadi kedua name server diatas kemudian klik tombol save dan tunggu hingga propagansi dns selesai maka tampilan seperti gambar diatas terdapat ceklist hijau dengan keterangan using DNS.

5. Mengaktifkan DNS. Silahkan kalian pilih menu My domain kemudian buka domain kalian dilanjutkan ke tab CDN dan klik tombol Enable CDN

Untuk settingan pada tab CDN sendiri kalian bisa mengikuti settingan kami seperti gambar dibawah ini

BACA JUGA  2 Cara Update Ubuntu Server Sistem dan Aplikasi

Selain pengaturan diatas biarkan default saja ya.

Itulah tadi Tutorial Install Quic Cloud CDN Di WordPress 2022 Semoga membantu kalian

About qtech

Check Also

cara mendapatkan uang dari internet

5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

Cara mendapatkan uang dari internet adalah hal yang kerap dicari banyak orang saat ini, karena …