4 Cara Mempercepat Windows 10 Komputer dan Laptop Anti Gagal

Qtech.id — Tau kah kalian jika ada langkah mudah untuk mempercepat windows 10 pada perangkat komputer dan laptop kalian yang mulai lelet.

Lambatnya perangkat komputer atau laptop yang telah lama digunakan sendiri ada banyak sekali penyebabnya mulai dari perangkat keras atau hardware yang mulai melemah seperti RAM dan Hardisk ataupun disebabkan oleh banyaknya virus dan masalah software lainnya.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips sederhana mempercepat windows 10 yang mulai lelet. Tips ini sendiri kami peroleh dari beberapa sumber dengan kendala serupa yang terjadi dengan perangkat yang kami gunakan. Adapun kendala yang bisa diatasi dengan tutorial ini sebagai berikut :

  1. Lambatnya proses login ketika komputer atau laptop di hidupkan ataupun direstart.
  2. Lambatnya loading ketika membuka program atau aplikasi yang terinstall.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut berikut langkahnya :

Cara Mempercepat Windows 10 Komputer dan Laptop

1. Matikan Windows Defender dan Firewall

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mematikan windows defender dan firewall yang secara otomatis aktif sejak sistem operasi di install. Mematikan windows defender dan firewall dapat membuat perangkat yang kalian gunakan lebih cepat karena kedua fitur ini berjalan pada background.

Meskipun dapat dimatikan, sebenarnya kedua fitur ini sangat penting untuk keamanan perangkat kalian dari virus ataupun aksi jahat lainnya. Namun bagi kalian yang ingin mematikan dua fitur ini kami akan memberikan tutorialnya.

BACA JUGA  Wajib Tau, Kode Rahasia Ponsel Android Lengkap 2022

Mematikan Windows Defender dan Firewall

  1. Klik Start atau logo jendela pada pojok kiri bawah layar
  2. Buka menu setting dengan logo GEAR
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Pilih Windows Security
  5. Matikan Virus & Threat Protection
  6. Matikan Firewall

Setelah kalian mematikan fitur tersebut kalian dapat melakukan restart pada perangkat yang kalian gunakan.

2. Mempercepat Login Perangkat

Langkah kedua ini berguna untuk mempercepat proses login perangkat baik ketika perangkat dihidupkan ataupun perangkat direstart. Dimana ketika perangkat dihidupkan setelah muncul logo windows maka akan berlanjut ke proses login desktop. Jika kalian mengalami hal seperti lambatnya login bahkan mencapai setengah jam kalian bisa ikuti langkah berikut ini.

1. Tekan Logo Windows + R

Langkah pertama adalah menekan tombol berlogo jendela atau windows yang terdapat pada keyboard kemudian tekan huruf R hingga muncul aplikasin RUN seperti dibawah ini

Cara Mempercepat Windows 10 Komputer dan Laptop

Setelah aplikasi RUN muncul silahkan kalian ketikkan msconfig pada kolom yang tersedia kemudian klik OK maka akan muncul aplikasi System Configuration seperti gambar dibawah ini.

mempercepat windows 10 part 2

Padasystem configuration silahkan kalian klik tab BOOT kemudian klik tombol Advance Option maka akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini

part 3 mempercepat windows 10

Setelah muncul pilihan seperti gambar diatas silahkan kalian ceklist Number of Processor dan pilih angka yang paling tinggi kemudian klik tombol OK dan klik tombol OK lagi lalu restart windows.

Setelah restart kalian akan melihat perbedaan kecepatan login windows dibandingkan sebelum melakukan setting ini.

3. Membersihkan Temporary File

Langkah ketiga yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat windows 10 adalah dengan menghapus temporary file. Seperti namanya, Temporary file ini merupakan file sementara, meski sementara jika kalian tidak menghapusnya makan kapasitas penyimpanan kalian akan semakin berkurang dan tentunya semakin banyak file dalam harddisk membuat kecepatan komputer kalian menurun.

BACA JUGA  Cara Daftar Paypal Terbaru 2022 Personal Dan Bisnis Lengkap Cara Kirim Uang

Untuk membersihkan temporary file bisa mengikuti langkah berikut ini :

  1. Klik Tombol Windows(logo Jendela) pada keyboard + R
  2. Masukkan %temp% pada kolom yang tersedia
  3. klik ok atau enter
  4. hapus seluruh isi folder temporary files tersebut

4. Install Ulang Windows

Langkah terakhir apabila kalian masih merasakan windows yang kalian guanakan saat ini berat adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi windows tersebut. Karena penyebab lambatnya perangkat komputer atau laptop yang kalian gunakan bisa saja bersumber dari file-file windows itu sendiri.

Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan reinstall ataupun install ulang. Namun sebelum melakukan install ulang sistem operasi pastikan kalian telah melakukan backup data kalian terlebih dahulu untuk menghidari adanya kesalahan yang menyebabkan terhapusnya seluruh isi yang ada didalam harddisk.

Itulah tadi cara mempercepat windows 10 yang bisa kalian lakukan. Semoga membantu kalian.

APabila semua langkah telah dilakukan namun perangkat kalian masih saja lemot kemungkinan besar sumber dari masalah tersebut berada dihardware yang kalian gunakan seperti RAM ataupun Harddisk.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …