Tutorial Mempercepat Website WordPress 2022

Mempercepat website atau yang lebih dikenal dengan optimasi kecepatan website merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik website agar website yang dimiliki masuk ke dalam standart SEO yang berujung pada meningkatnya rank pada laman pencarian Google.

Teknik mempercepat website bagi kalian yang menggunakan Content Management System WordPress sendiri sebenarnya sangat banyak namun pada artikel ini kami akan membahas menggunakan plugin litespeed cache untuk melakukan optimasi.

Untuk sekedar diketahui, langkah optimsai menggunakan plugin litespeed cache sendiri akan lebih optimal jika server yang kalian gunakan adalah litespeed. Jika kalian masih ragu atau bingung jenis server yang kalian gunakan silahkan tanya kepada provider hosting yang kalian gunakan ya.

Mempercepat Website WordPress Menggunakan Plugin Litespeed Cache

Tutorial Mempercepat Website WordPress 2022
Tutorial Mempercepat Website WordPress 2022

Install Plugin

Isntall plugin litespeed cache

langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke akun website wordpress yang kalian miliki menggunakan akun administator kemudian klik menu Plugin dilanjutkan pilih sub menu Tambah Plugin dan pada kolom pencarian masukkan kata kunci Litespeed Cache.

Tunggu hingga proses pencarian selesai maka kalian akan melihat didaftar ada nama Litespeed cache silahkan kalian lakukan instalasi dan aktifasi.

Setting Plugin

Setelah proses instalasi plugin selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting pada plugin litespeed cache tersebut. Adapun Langkahnya sebagai berikut :

BACA JUGA  Review Upcloud VPS, lengkap Cara Daftar Upcloud Free Trial

Buka menu Litespeed cache Umum

Silahkan kalian buka menu Litespeed cache dilanjutkan membuka sub menu umum

Minta Kunci Domain dan koneksikan

minta kunci domain

Selanjutnya adalah klik tombol Minta Kunci domain untuk mendapatkan akses ke layanan Quic Cloud. Setelah meminta kunci domain maka tunggu terlebih dahulu sekitar 3-5 menit kemudian refresh browser maka kunci domain akan terisi secara otomatis.

Setelah kunci domain terisi langkah selanjutnya adalah klik tombol Koneksikan / hubungkan ke quic cloud maka kalian akan diarahkan menulu laman login qouc.cloud. Apabila kalian belum memiliki akun quic.cloud silahkan kalian lakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah berhasil login maka secara otomatis kalian akan dibawa kembali ke dashboard wordpress pada menu litespeedcache umum.

Aktifkan Mode Tamu, Optimasi Pengunjung, Ipserver

Aktifkan Mode Tamu, Optimasi Pengunjung, Ipserver

Selanjutnya adalah mengaktifkan pilihan mode tamu dilanjutkan aktifkan optimasi pengunjung dan masukka alamat ip server kalian.

Jika tidak mengetahui alamat ip server silahkan kalian klik Periksa IP Publik saya dari DoAPI.us maka secara otomatis IP server kalian terisi.

Setelah selesai silahkan kalian klik Simpan Perubahan

Setting Cache

Silahkan kalian pilih sub menu cache pada menu litespeed cahce untuk melakukan setting selanjutnya. Pada tab Cache ada banyak sekali pilihan adapun untuk settingan yang diaktifkan kalian bisamengkuti gambar dibawah ini

Jika sudah selesai klik tombol simpan perubahan.

Setting TTL

Selanjutnya buka tab TTL dan untukpengaturannya kalian bisa melihat gambar dibawah ini

setting ttl

Setting Objek Cache

Buka tab Objek kemudian aktifkan objek cache, kalian bisa menggunakan versi memcahed ataupun redis

setting objek cache

Pada pengaturan objek cache terdapat status dan perhatikan statusnya ya apaka diaktifkan atau tidak. jika status non aktif maka kalian bisa melakukan aktifasi objek cache melalui cpanel atau silahkan kalian tanya kepada provider masing-masing.

BACA JUGA  Tutorial Install Plugin Site Kit di Wordpress, Plugin Official Google 2022

Seting Cache Peramban

Selanjutnya buka tab permaban ( browser ) lalu aktifkan cache browser. Untuk nilai cache dapat menyesuaikan dengan yang kalian inginkan.

setting cache peramban

Jika sudah selesai silahkan klik tombol simpan perubahan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Optimasi Gambar

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi gamabr. adapun untuk opsinya silahkan kalian lihat pada gambar dibawah ini

Optimasi Halaman

Silahkan kalian buka sub menu optimasi halaman dan pada tab CSS silahkan lakukan seting seprti gambar dibawah ini

Setelah itu buka tab JS dan ikuti gambar dibawah ini

setting tab js

Untuk pengaturan pada tab html kalian hanya perlu mengaktifkan pilihan berikut

optimasi html

Jika sudah maka klik tombol simpan perubahan dan settingan telah selesai.

Setelah selesai silahkan kalian lakukan clear cache terlebih dahulu kemudian baru kita lakukan pengecekkan menggunakan tools. Adapun jika tidak ada kendala atau salah setting maka hasil pengujian akan seperti berikut :

Hasil Pengujian Kecepatan

Hasil GT Metrix

hasil gtmetrix

Setelah dilakukan ujicoba pertama menggunakan tools pengujian GT Metrix maka didapatkan hasil Score A dengan performa 95 %, structure 99%, LCP 1.1s, TBT dan CLS 0.

Hasil Pagespeedtest

Hasil test menggunakan pagespeedtest untuk mobile menunjukkan skor 100 sedangkan untuk desktop juga menunjukkan hal yang sama

Untuk ujicoba diatas menggunakan website qtech yang memang belum ada script tambahan seperti iklan. Lantas bagaimana hasilnya jika menggunakan iklan ?

Kami melakukan ujicoba disitus rekanan kami cakrawalarafflesia yang telah menggunakan iklan hasilnya sebagai berikut

Itulah tadi Tutorial Mempercepat Website WordPress 2022. Semoga dapt membantu kalian

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …