Tutorial Membuat WordPress Gratis 2022

WordPress Gratis dapat digunakan oleh siapa saja untuk membuat website dengan mudah. WordPress sendiri terbagi menjadi dua yaitu wordpress.com yang dikenal sebagai wordpress gratis serta wordpress.org yang merupakan versi Content Management Sistem (CMS) yang bisa di install melalui control panel website dan pada beberapa control panel website sendiri sudah tersedia.

Pada era teknologi yang semakin maju seperti saat ini memiliki sebuah website sangat diperlukan baik yang hanya sekedar hobby sharing pengalaman, bisnis, edukasi hingga pekerjaan.

Ada banyak sekali cara membuat website dari yang gratis hingga berbayar. Bagi kalian yang sudah serius tentunya akan mengambil opsi berbayar karena memiliki akses full dan bebas melakukan edit pada website yang kalian miliki.

Namun bagi kalian yang baru ingin mencoba, kalian bisa terlebih dahulu menggunakan wordpress.com untuk membangun sebuah website. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai wordpress.com serta tutorial membuatnya.

Apa Itu WordPress.com ?

WordPress.com merupakan sebuah layanan milik WordPress yang memungkinkan penggunanya untuk membuat website secara gratis.

Pengguna dapat membuat website gratis di wordpress.com dan mendapatkan satu subdomain gratis berakhiran wordpress.com.

Apa Beda WordPress.com dan WordPress.org ?

Secara garis besar baik tampilan ataupun menunya tidak ada yang berbeda antara wordpress.com dan wordpress.org. yang membedakan adalah cara penginstalan serta akses fiturnya dimana wordpress.org diintall manual pada sebuah server yang telah memiliki domain sedangkan di wordpress.com kalian dapat membuat gratis dengan menggunakan subdomain.

BACA JUGA  Tutorial Install Plesk Di Windows Server 2019

Meski demikian kalian bisa juga melakukan upgrade ke paket berbayar untuk dapat mengakses dan menggunakan nama domain milik kalian sendiri.

Cara Membuat WordPress Gratis

Berikut adalah tutorial membuat website gratis di wordpress .com :

1. Kunjungi laman wordpress.com

cara membuat wordpress gratis
gambar screenshoot wordpress.com

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjungi laman resmi wordpres di https://wordpress.com

2. Klik Start Your Website

klik start your website
gambar screenshoot wordpress.com

Setelah mengunjungi laman resminya maka kalian klik tombol Start Your Website untuk memulai membuat akun wordpress.

3. Registrasi Akun

registrasi akun wordpress
gambar screenshoot wordpress.com

Selanjutnya kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu dimana ada tiga metode yang dapat kalian gunakan yaitu registrasi manual dengan memasukkan alamat email, username, password atau bisa langsung menggunakan akun Google dan Apple.

Pada tutorial ini kami menggunakan registrasi manual dengan memasukkan email, username dan password.

4. Memilih Domain

memilih domain atau sub domain wordpress
gambar screenshoot wordpress.com

Setelah berhasil membuat akun maka kalian akan dihadapkan untuk memilih nama domain. Ada beberapa pilihan yang bisa kalian gunakan baik itu menggunakan nama domain yang sudah ada ataupun registrasi baru.

Namun jika menggunakan nama domain sendiri maka kalian harus melakukan upgrade ke premium, sedangkan untuk versi gratisnya akan nampak di bagian bawah nama domain berakhiran wordpress com seperti gambar diatas diaman kami membuat qtechmyid.wordpress.com.

5. Memilih Paket WordPress

memilih paket wordpress
gambar screenshoot wordpress.com

Setelah berhasil menentukan pilihan subdomain maka kalian akan diarahkan menuju halaman pilihan paket. Disana kalian dapat melihat ada banyak sekali pilihan paket yang bisa dipilih. Namun jika kalian inggin menggunakannya secara gratis silahkan kalian klik Start With a Free Site dibawah tulisan Choose a Plan.

6. Memulai Website

memulai website wordpress gratis
gambar screenshoot wordpress.com

Langkah selanjutnya adalah memulai website yang telah kalian buat tadi. kalian dapat klik menu Start Writing apabila kalian ingin langsung membuat artikel atau klik tombol Start Building apabila kalian ingin melakukan edit terlebih dahulu website yang telah kalian buat.

BACA JUGA  Cara Cek CPU Android dengan Mudah 2022

Pada tutorial ini kami memilih menu Start Building.

7. Memilih Tema

memilih tema website
gambar screenshoot wordpress.com

Kalian dapat memilih tema mana yang ingin kalian gunakan di website wordpress kalian. Untuk diketahui pada versi gratis hanya dapat memilih beberapa tema saja ya.

Untuk menginstall tema kalian hanya perlu klik tema tersebut dan klik tombol berwarna biru.

lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.

8. Mengedit Tema

mengedit tema wordpress.com
gambar screenshoot wordpress.com

Selanjutnya kalian dapat langsung melakukan editing pada tema yang kalian gunakan, kalian dapat menambahkan judul situs dan editor lainnya. Jika sudah kalian dapat klik tombol save.

9. Masuk Dashboard Admin

memasukki dashboard admin wordpress.com
gambar screenshoot wordpress.com

Untuk memasukki dashboard admin, maka kalian bisa klik logo wordpress yang teletak di pojok kiri atas kemudian pilih menu dashboard.

tampilan dashboard wordpress gratis
gambar screenshoot wordpress.com

Setelah masuk ke dashboard maka kalian akan melihat tampilan seperti gambar diatas. dan kalian bisa membuat postingan, kategori, tag hingga halaman.

10. Membuat Website Online

Secara default website yang kalian buat ketika diakses masih dalam mode coming soon. untuk membuatnya aktif kalian bisa pilih menu setting kemudian pilih launch site, pilih subdomain, pilih create site.

Itulah tadi cara membuat wordpress gratis yang dapat kalian ikuti. Meski demikian ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui diantaranya :

Wajib Diketahui

WordPress versi gratis tidak memperbolehkan menginstall plugin dan tema sendiri. Kalian hanya bisa menginstall tema dan plugin yang sudah tersedia.

Untuk tutorial menginstall tema, plugin, membuat post, kategori, halaman dan lainnya akan kami bahas pada artikel lainnya.

Contoh website wordpress gratis pada tutorial kali ini https://qtechmyid.wordpress.com/2022/02/05/post-pertama/

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …