Tutorial Membuat VPS Di Digital Ocean 2022

Membuat VPS di Digital Ocean terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan meskipun kalian baru pertama kali menggunakannya.

Digital Ocean sendiri merupakan rekomendasi VPS terbaik luar negeri kedua yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Digital Ocean juga memiliki hardware baru dengan jenis penyimpanan NVME serta untuk topup saldo saat ini sudah support menggunakan Google Play juga.

Oke untuk mempersingkat langsung kami berikan tutorialnya

Langkah Membuat VPS di Digital Ocean

Login Akun

Langkah Membuat VPS di Digital Ocean
Langkah Membuat VPS di Digital Ocean ( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Pastinya setiap tutorial diawali login ke akun terlebih dahulu. Jika kalian belum memiliki akun Digital Ocean kalian bisa mendaftar terlebih dahulu dan kalian juga bisa mendapatkan gratis saldo $100 yang bisa kalian gunakan dalam waktu 2 bulan dengan klik gambar dibawah ini

DigitalOcean Referral Badge

Membuat Droplet

membuat droplet
membuat droplet ( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Setelah berhasil login maka kalian akan diarahkan ke halaman dashboard digital ocean, untuk membuat VPS di digital ocean silahkan kalian klik tombol Create yang terletak pada kanan atas dashbord dengan background hijau seperti gambar diatas dilanjutkan memilih menu Droplet.

Memilih Sistem Operasi

memilih sistem operasi
memilih sistem operasi ( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Selanjutnya adalah memilih sistem operasi yang ingin kalian isntall pada vps, kalian bisa memilih dari daftar yang ada, untuk yang paling biasa digunakan adalah ubuntu atau CentOS.

Atau jika kalian malas repot juga bisa memilih aplikasi yang telah tersedia pada tab Marketplace ada banyak sekali pilihan yang bisa kalian gunakan mulai dari plesk, Cpanel dan lainnya.

BACA JUGA  4 Cara Mempercepat Windows 10 Komputer dan Laptop Anti Gagal

Memilih Spesifikasi Server

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Selanjutnya kalian diwajibkan untuk memilih spesifikasi server yang ingin kalian gunakan, ada banyak sekali pilihan yang bisa kalian gunakan sesuai dengan budget yang kalian miliki dan seperti dijelaskan sebelumnya terdapat dua pilihan hardware terbaru yaitu Premium intel with NVME dan AMD with NVME yang bisa kalian pilih.

Memilih Lokasi Data Center

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Selanjutnya adalah memilih lokasi data center vps yang akan kalian install dapat disesuaikan dengan target user yang kalian inginkan misal untuk target user Indonesia kalian bisa memilih server Singapura yang paling dekat dengan Indonesia dan memiliki ping yang paling rendah.

Jika target kalian luar negeri kalian juga bisa memilih lokasi data center lainnya.

Membuat Password SSH

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Membuat password login diwajibkan dalam membuat vps di digital ocean, fungsinya sendiri adalah agar kalian dapat melakukan login ke server VPS yang kalian gunakan. Pastikan kalian menggunakan password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain ya dengan kombinasi huruf besar kecil dan angka.

Memilih Fitur Tambahan

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Kalian juga bisa memilih fitur tambahan untuk vps kalian diantaranya, auto backup yang memungkinkan membuat backup secara otomatis, IPV6 yang wajib diaktifkan, monitoring dan user data.

Selanjutnya adalah membuat hostname atau nama server kalian pada pilihan FInalize and Create. setelah membuat nama server silahkan klik tombol Create Droplet untuk memulai penginstalan VPS.

Sampai tahap ini kalian telah selesai membuat VPS di digital ocean. Kami juga akan memberikan informasi tambahan hinga mengkoneksikan domain kalian ke digital ocean vps.

Melihat IP Server

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Setelah proses selesai kalian akan melihat server vps yang kalian buat pada laman utama dashboard akun di pilihan droplet. Untuk melihat IP server kalian bisa klik nama server yang kalian buat.

BACA JUGA  IDCloudhost Promo VPS, Hosting dan Domain 2022 Wajib tau

Menyambungkan Domain ke VPS Digital Ocean

Tentunya setelah selesai membuat vps kalian akan membuat website ataupun aplikasi yang membutuhkan koneksi domain ke vps. Digital Ocean juga memiliki DNS management yang memungkinkan kalian untuk mengkoneksikan domain yang kalian miliki dengan mudah, adapun langkahnya sebagai berikut :

Membuat DNS

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Sama seperti membuat droplet, untuk membuat DNS Domain kalian dapat dilakukan dengan klik tombol Create kemudian pilih Domain /DNS.

Masukkan Nama Domain

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Masukkan nama domain yang kalian miliki pada kolom enter domain kemudian klik add domain.

Mengedit Record Domain

( gambar screenshoot akun digital ocean qtech )

Setelah membuat DNS Management selnajutnya kalian wajib membuat records dns. Pastikan kalian membuat A records dns ke alamat ip server vps kalian ya.

Mengubah Name Server Registar

Langkah terakhir adalah mengubah name server domain kalian pada registar atau provider omain yang kalian beli. untuk langkahnya sendiri setiap registar domain memiliki tutorialnya.

Itulah tadi Tutorial Membuat VPS Di Digital Ocean 2022, semoga dapat membantu kalian

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …