Cara Daftar Kartu Prakerja 2022

Pada artikel ini kami akan membahas cara daftar Kartu Prakerja Bagi kalian yang ingin mendaftar namun belum mengetahui caranya.

Program Bantuan Pemerintah Semi bansos ini ditujukan kepada seluruh Masyarakat Indonesia yang sedang mencari pekerjaan, terdampak PHK serta bagi yang ingin mengembangkan keterampilan.

Untuk mendaftar program kartu prakerja ini hanya dapat dilakukan secara online melalui situs www.prakerja.go.id. Jadi apabila kalian mendapatkan alamat selain www.prakerja.go.id jangan lakukan pendaftaran karena bisa saja link tersebut palsu. selain itu untuk sumber informasi resmi program kartu prakerja hanya ada satu yaitu pada akun instagram resminya @prakerja.go.id.

Program kartu prakerja sendiri pertama kali dibuka pada tahun 2020 lalu dan dilanjutkan hingga tahun 2022 ini. Untuk nomor gelombang sendiri pada tahun 2022 ini akan diawali dengan gelombang 23 dimana untuk gelombang 1 sampai 11 telah dibuka pada tahun 2020 dan gelombang 12 hingga 22 telah dibuka pada tahun 2021.

Dengan mendaftar sebagai peserta dan berhasil lolos seleksi maka kalian akan mendapatkan bantuan insentif senilai RP. 3.550.000 dimana bantuan tersebut dibagi menjadi tiga. Adapun Rinciannya sebagai berikut :

Rincian Insentif Kartu Prakerja

  1. Bantuan insentif pelatihan yang hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan sebesar Rp. 1.000.000
  2. Bantuan insentif bagi peserta Senilai Rp. 2.400.000 yang akan diberikan secara bertahap selama empat bulan dimana setiap bulannya akan diberikan RP. 600.000
  3. Bantuan insentif Survey Kebekerjaan senilai Rp. 150.000 yang akan diberikan bertahap selama 3 kali yaitu Rp. 50.000 setelah selesai mengisi survey kebekerjaan.

Setelah mengetahui rincian bantuan insentif dari program kartu prakerja, selanjutnya kalian juga wajib tau syarat untuk mendaftar kartu prakerja. Untuk syaratnya sendiri sebagai berikut

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

  1. Berusia minimum 18 Tahun
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal seperti sekolah ataupun kuliah
  4. Bukan pejabat Negara
  5. Bukan Pimpinan serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  6. Bukan Aparatur Sipil Negara ( ASN )
  7. Bukan Prajurit TNI
  8. Bukan Anggota Kepolisian
  9. Bukan Kepala Desa Ataupun Perangkat Desa
  10. Bukan Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Selain syarat diatas ada syarat tambahan lainnya yaitu dalam 1 kartu keluarga hanya 2 anggota keluarga saja yang dapat menerima bantuan kartu prakerja ini. Meski tidak tertulis diatas kalian juga tidak akan lolos apabila nama kalian tercantum dalam program bantuan pemerintah lainnya.

BACA JUGA  Arti Status Kartu Prakerja 2022

Persiapan Mendaftar Peserta Kartu Prakerja

Setelah kalian mengetahui syaratnya maka sebelum melakukan pendaftaran pastikan kalian telah mempersiapkan segala hal yang akan diminta ketika melakukan pendaftaran yaitu :

  1. Smartphone baik Android ataupun iOS berkoneksi internet dan kamera berfungsi dengan baik.
  2. Alamat Email aktif, jika belum memiliki bisa membuat terlebih dahulu
  3. KTP Elektrik Asli
  4. Kartu Keluarga Asli
  5. Nomor Handphone Aktif

Setelah segala hal diatas telah kalian persiapkan maka selanjutnya adalah proses pendaftaran dengan langkah seperti berikut :

Tahapan Kartu Prakerja 2022

cara dafar kartu prakerja lengkap tahap hingga pencairan insentif

Mendaftar Akun

Tahap Pertama adalah mendaftarkan akun terlebih dahulu. Untuk mendaftarkan akun kartu prakerja silahkan ikuti langkah dibawah ini :

  1. Buka browser pada smartphone yang kalian gunakan ( disarankan menggunakan Google Chrome )
  2. Kunjungi laman www.prakerja.go.id
  3. Masukkan Alamat email kalian pada kolom Masukkan e-mail kamu kemudian klik tanda (->). Atau kalian juga bisa klik baris tiga yang terletak di pokok kanan atas kemudian pilih menu Daftar Sekarang
  4. Masukkan alamat email, password sebanyak dua kali, ceklist kotak Syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi
  5. Klik Tombol Daftar
  6. Cek email yang kalian gunakan untuk mendaftar periksa kotak masuk, spam, promosi akan ada email berisi link verifikasi email dan klik tombol Verifikasi disini
  7. Verifikasi dan Pendaftaran Akun kartu prakerja Selesai

Setelah Proses pendaftaran akun selesai maka lanjut ketahp berikutnya yaitu verifikasi data diri, adapun langkahnya seperti berikut :

Verifikasi Data Diri Kartu Prakerja

  1. Login ke akun kartu prakerja menggunakan alamat email dan password yang telah kalian daftarkan tadi. Apabila kalian mengikuti tahap pendaftaran maka kalian cukup klik tombol Masuk Ke Akun Kamu. Namun jika tidak silahkan klik garis tiga di pojok kakan atas kemudian pilih menu Masuk
  2. Masukkan 16 Digit Nomor NIK, Nomo Kartu Keluarga serta tanggal lahir pada tahap Verifikasi KTP & KK. Apabila sudah diisi silahkan klik Tombol Lanjut
  3. Memasukkan data diri seperti nama, alamat, nama ibu kandung dan lainnya yang diminta pada tahap Isi Data Diri
  4. Foto KTP kalian pada tahap Verifikasi KTP. Pastikan posisi KTP kalian sesuai dengan arahan yang diberikan
  5. Lakukan Foto Selfie Pada tahap Verifikasi Foto Wajah. Pastikan foto kalian sesuai dengan arahan yang diberikan.
  6. Tahap terakhir adalah verifikasi Nomor Handphone. Silahkan masukkan nomor handphone kalian anpa angka 0 di depan. Selanjutnya kalian akan menerima SMS yang berisi kode untuk memverifikasikan nomor handphone kalian.
  7. Tunggu Proses Verifikasi.

Setelah melakukan tahap verifikasi data diri, kalian akan diminta untuk menunggu dengan maksimal waktu 1×24 jam. apabila foto ktp serta selfie kalian sesuai maka kalian dapat melanjutkan prosesnya. Namun apabila gagal kalian akan diminta melakukan foto ulang ktp ataupun foto selfie.

Pada tahap ini ada beberapa kendala yang biasa terjadi yaitu nomor nik atau kk tidak terdaftar ataupun tidak sesuai. Apabila kalian mendapatkan hal tersebut kalian bisa mengunjungi Dukcapil di kota kalian atau menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email [email protected]

BACA JUGA  Tutorial Daftar Cloud VPS Idcloudhost Bonus Saldo Hingga 100 Ribu

Test Motivasi dan Kemampuan Dasar

Setelah proses verifikasi data berhasil maka kalian akan diarahkan langsung ke tahap selanjutnya yaitu test motivasi dan kemampuan dasara dimana kalian akan diminta untuk menjawab soal dengan estimasi pengerjaan selama 25 menit.

Pastikan kalian menjawab pertanyaan dengan sungguh-sungguh karena test ini sendiri juga menentukan kalian layak atau tidak lolos menjadi penerima bantuan insentif. Mengutip laman resmi kartu prakerja mengatakan tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Mendaftar Gelombang Kartu Prakerja

Setelah selesai melakukan test maka kalian akan diarahkan ke laman dashboard akun kalian. Untuk tahap selanjutnya adalah mendaftar pada gelombang yang terbuka dimana keterangan gelombang sendiri akan kaian dapatkan ketika melakukan login.

Pembukaan Gelombang kartu Prakerja

Apabila gelombang telah dibuka maka kalian wajib klik tombol Gabung Gelombang, namun jika keterangan gelombang Tidak ditemukan maka kalian wajib menunggu hingga gelombang dibuka yang akan diumumkan melalui instagram resmi kartu prakerja ataupun kalian bisa mengunjungi qtech.id karena kami akan membahas lengkap dan menginformasikan pembukaan gelombang kartu prakerja.

Penutupan Gelombang Kartu Prakerja

Setalah gelombang dibuka maka kalian harus menunggu terlebih dahulu hingga gelombang ditutup dimana untuk waktunya sendiri tercantum dapa informasi gelombang yang dibuka. Setelah gelombang ditutup maka kalian akan masuk ke tahap selanjutnya.

Seleksi Akun dan Pengumuman Lolos

Setelah gelombang ditutup maka kalian akan masuk pada tahap seleksi akun dimana pada tahap ini bisa memakan waktu hingga 7 hari kerja. Seluruh akun peserta akan diseleksi terlebih dahulu hingga akhirnya akan diumumkan siapa saja peserta yang berhasil lolos seleksi pada gelombang tersebut. Apabila kalian lolos maka kalian akan mendapatkan notifikasi jika kaun anda lolos melalui email ataupun sms.

Menginput Rekening

Langkah selanjutnya setelah dinyatakan lolos maka kalian wajib untuk menginput nomor rekening kalian yang akan digunakan untuk proses pencairan dana insentif nantinya. Menginput rekening sebainya dilakukan di awal sebelum membeli pelatihan agar tidak terjadi kendala seperti keterlambatan pencairan karena kalian belum melakukan input nomor rekening.

Hingga saat ini untuk porses pencairan insentif, pihak kartu prakerja telah bekerja sama dengan pihak bak serta e-wallet yaitu :

  1. Bank Negara Indonesia ( BNI )
  2. Ovo
  3. Gopay
  4. LinkAja
  5. DANA

Apabila kalian belum memiliki salah satu akun diats silahkan kalian melakukan pendafarn akun terlebih dahulu dan melkukan upgrade bagi kalian yang menggunakan e-wallet.

Untuk diketahui, nomor yang digunakan pada rekening harus sama dengan nomor yang kalian daftarkan di akun kartu prakerja dan juga identitas harus milik kalian sediri tidak dapat menggunakan rekening atas nama orang lain.

Membeli Pelatihan

Tahap berikutnya adalah membeli pelatihan serta mengikuti pelatihan minimum 1 kali hingga mendapatkan sertifikat sebagai tanda kalian telah selesai mengikuti pelatihan dan sertifikat tersebut akan muncul pada akun kartu prakerja kalian.

Membeli pelatihan, mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan insentif. Untuk pembelian pelatihan pertama sendiri memiliki batas waktu dimana maksimal 30 hari setelah kalian dinyatakan lolos.

BACA JUGA  Cara Daftar Google Adsense Lengkap Untuk Pemula 2022

Apabila dalam waktu 30 hari kalian idak melakukan pembelian pelatihan maka kalian dinyatakan gugur serta masuk kedalam blacklist dan kalian tidak akan bisa mendaftar kembali.

Ada banyak sekali pilihan latihan yang bisa kalian beli seperti salah satu rekomendasi pelatihan prakerja yang terbaik dan cepat adalah SkillAcademy.

Setelah kalian membeli dan mengikuti pelatihan serta mendapatkan sertifikat maka kalian wajib menunggu hingga sertifikat terbit pada akun prakerja kalian barulah dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Memberikan Rating dan Ulasan

Setelah Sertifikat muncul pada akun prakerja maka kalian wajib memberikan rating dan ulasan pelatahian yang dapat dilakukan melalui dashboard akun prakerja. Pastikan kalian memberikan rating dan ulasan karena hal ini wajib agar jadwal pencairan insentif kalian keluar. Jika kalian tidak memberikan rating dan ulasan maka insentif kalian tidak akan dicairkan.

Pencairan Insentif kartu Prakerja

Kalian akan mendapatkan jadwal pencairan instentif setelah memberikan rating serta ulasan dimana untuk jadwal insentif bisa kalian lihat pada menu Insentif kemudian jadwal insentif.

Insentif kalian akan diberikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, meski demikian apabila insentif kalian jatuh pada hari sabtu, minggu ataupun libur nasional maka insentif kalian tidak akan cari pada tanggal tersebut melainkan bisa maju beberapa hari ataupun mundur setelah tanggal yang ditetapkan.

Untuk diketahui Proses penerimaan insentif membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal transfer. Bila kamu belum menerima dalam jangka waktu tersebut, mohon hubungi Call Center Kartu Prakerja.

Kalian juga dapat melihat status insentif kalian. Untuk arti status insentif akan kami bahas apada artikel selanjutnya.

Wajib diperhatikan dalan pencairan insentif

Dalam proses pencairan insentif ini sendiri ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan agar insentif kalian tidak terkendala. adapun hal yang wajib kalian perhatikan dan ketahui sebagai berikut :

  1. Pastikan nomor handphone kalian aktif hingga insentif cair seluruhnya karena pihak kartu prakerja akan selalu melakukan validasi nomor handphone sebelum mencairkan insentif.
  2. Pastikan rekening kalian tidak terblokir atau belum terupgrade karena pihak manajemen kartu prakerja juga akan melakukan validasi nomor rekening terlebih dahulu.

Pencairan Insentif Survey

Selain Insentif utama dengan nilai total Rp. 2.400.000 kalian juga akan mendapatkan insentif tambahan berupa insentif survey dimana kalian akan mendapatkan insentif sebersar Rp. 50.000 yang akan diberikan 3x dengan waktu survey yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen kartu prakerja.

Itulah tadi cara daftar kartu prakerja serta tahapan proses kartu prakerja yang dapat kami informasikan agar dapat membantu kalian.

Pastikan kalian kunjungi qtech.id untuk mendapatkan informasi terbaru, rekomendasi serta tutorial terkait kartu prakerja karena kami akan membahasnya secara rinci dan lengkap denan bersumber langsung dari peserta yang lolos pada setiap gelombangnya.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …