Tutorial Install WordPress Di Cyberpanel 2022

Setelah sebelumnya kami membahas cara install cyberpanel di VPS, kali ini kami akan memberikan tutorial cara install WordPress di Cyberpanel.

Untuk melakukan instalasi WordPress pada control panel besutan Usman Nasir ini sangatlah mudah loh karena Content Management System (CMS) wordpress secara default sudah tersedia pada control panel ini. Untuk versi WordPress yang digunakan sendiri merupakan versi terbaru dengan secara otomatis menginstall plugin litespeed cache.

Oke untuk mempersingkat berikut kami berikan tutorialnya.

Langkah Install WordPress Di Cyberpanel

1. Setting Domain Ke Server

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah melakukan koneksi domain ke server melalui domain registar yang kalian gunakan. pastikan A record domain kalian mengarah ke IP server ya.

1. Login ke Panel

cara install wordpress di cyberpanel pertama adalah login ke control panel

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke control panel itu sendiri yaitu dengan mengetikkan alamat ip : port pada browser yang kalian gunakan. untuk IP merupakan lamat ip server kalian sedangkan port default cyberpanel adalah 8090.

Berhubung kita melakukan login menggunakan alamat IP maka pada wal kita mencoba login akan muncul peringatan tidak aman pada browser dikarenakan tidak menggunakan SSl. MEski demikian silahkan kalian klik tombol advance kemudian pilih link paling bawah lanjutkan ke alamat ip.

Setelah melewati notifikasi tersebut, kalian akan langsung diarahkan ke laman login control panel kalian seperti diatas, silahkan masukkan username serta password yang telah kalian buat.

BACA JUGA  Tutorial Mempercepat Website Wordpress 2022

2. Membuat Website

membuat website

Setelah kalian berhasil login langkah selanjutnya adalah membuat website. Pastikan domain kalian sudah mengarah ke IP server ya.

Untuk membuat website silahkan kalian pilih menuWebsite kemudian Sub menu Create Website maka kalian akan diarahkan ke laman pembuatan website yang berisikan pilihan terkait website yang ingin kalian buat. Adapun yang harus kalian isi sebagai berikut :

  1. Select Package : kalian bisa menggunakan paket default saja.
  2. Select Owner : silahkan pilih admin jika kalian hanya ingin membuat website untuk kalian sendiri
  3. Domain Name : silahkan isikan nama domain kalian
  4. Email : SIlahkan isikan alamat email kalian
  5. Select PHP : silahkan pilih versi PHP yang ingin kalian gunakan
  6. Pada pilihan additional Features kalian bisa ceklis SSL, DCIM dan openbasedir proteksi serta jika ingin membuat email kalian juga bisa melakukan ceklist kota email domain

Setelah semuanya terisi silahkan klik tombol Create dan tunggu hingga prosesnya selesai.

3. Pilih Sub Menu List Website dan Manage

Setelah selesai proses pembuatan website maka langkah selanjutnya adalah memilih menu list website yang tersedia dalam pilihan menu website.

Pada menu list website kalian akan melihat nama domain yang telah kalain buat tadi diawal. Untuk melanjutkan install wordpress di cyberpanel slahkan klik pilihan Manage yang terletak di sebelah kanan nama website kalian.

4. Pilih Menu WordPress

pilih menu wordpress

Dalam laman Manage ada banyak sekali pilihan, untuk menginstall wordpress silahkan kalian scroll hingga paling bawah kemudian pilih menu WP + LSCache.

5. Menginstall WordPress

Setelah kalian klik menu WP + LSCache maka kalian akan diarahkan kelaman insatalasi wordpress seperti gambar dibawah ini

install wordpress

Pada laman install wordpresssilahkan kalian isi :

  1. Blog Title : Title blog kalian
  2. Login User : user login website kalian
  3. Login Password : password login website kalian
  4. Email : alamat email kalian
  5. Path : kosongkan saja
BACA JUGA  Cara Daftar Rekening BNI Prakerja 2022

Setelah semua terisi silahkan kalian klik tombol Install NOW untuk mulai install wordpress di cyberpanel dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Hingga tahap ini kalian sudah berhasil melakukan instalasi wordpress, meski demikian masih ada tambahan yang harus kalian lakukan yaitu melakukan redirect dari http ke https melalui menu manage seperti kalian akan melakukan instalasi wordpress tadi.

redirect https ke https cyberpanel

Untuk melakukan redirect silahkan pilih menu rewrite rules kemudian pilih Force HTTP -> HTTPS kemudian klik tombol Save Rewrite Rules maka website milik kalian akan secara otomatis teredirect dari htt ke https.

Setelah itu kalian bisa melakukan login ke alamat website kalian dan memulai edit website yang kalian milik.

Itulah tadi Tutorial Install WordPress Di Cyberpanel 2022. Semoga dapat membantu kalian

About qtech

Check Also

cara mendapatkan uang dari internet

5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

Cara mendapatkan uang dari internet adalah hal yang kerap dicari banyak orang saat ini, karena …