Tutorial Install Windows 11 Untuk Hardware yang Tidak Didukung

Tutorial Lengkap Install Windows 11 Untuk Hardware yang Tidak Didukung

Jika komputer anda tidak memenuhi persyaratan hardware terbaru untuk menginstal Windows 11, anda dapat mengikuti tutorial ini untuk menginstall Windows 11 pada hardware yang tidak didukung. Ada tiga metode utama dan anda dapat menggunakan salah satu dari mereka sesuai situasi anda saat ini.

Ketika Microsoft mengumumkan Windows 11, hanya satu hal yang membuat kekacauan yaitu TPM (Trusted Platform Module) 2.0. Meskipun Microsoft melonggarkan persyaratan itu sampai titik tertentu, tidak disarankan untuk menginstall Windows 11 kecuali anda mengetahui konsekuensinya. Namun, jika anda memiliki komputer yang tidak memenuhi persyaratan hardware Windows 11 tetapi ingin mencoba system operasi terbaru Microsoft ini, maka berikut adalah cara melakukannya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada tiga metode yang dapat anda gunakan untuk menginstall Windows 11 dan disini saya akan menjelaskan semuanya untuk kenyamanan anda.

Cara Install Windows 11 Untuk Hardware yang Tidak Didukung

Cara Install Windows 11 Untuk Hardware yang Tidak Didukung

Untuk menginstall Windows 11 pada hardware yang tidak didukung, ikuti metode berikut dibawah ini. Mari kita lihat satu per satu metode secara mendetail.

  1. Menggunakan Windows 11 Setup

Ini mungkin metode termudah untuk menginstall Windows 11 pada hardware yang tidak didukung. Apakah anda memiliki TPM 1.2 atau tanpa TPM, anda dapat menggunakan cara ini untuk mendapatkan OS Windows versi terbaru tanpa harus mengupgrade hardware PC anda. Meskipun pengaturan Windows 11 menampilkan pesan peringatan yang mengatakan, Damages to your PC due to lack of compatibility aren’t covered under the manufacturer warranty, namun anda dapat melanjutkan pengaturan dengan mengklik tombol Accept.

Untuk menggunakan metode ini, lakukan hal berikut:

  • Download file ISO Windows 11 dari Microsoft.
  • Kemudian ekstrak file ISO yang anda download.
  • Selanjutnya, anda seharusnya membuka file appraiserres.dll di folder sources dan menghapus data terkait TPM dan UEFI. Namun karena ribet, jadi saya sudah sediahkan filenya. Silahkan download file appraiserres.dll.
  • Setelah download, ekstrak file appraiserres kemudian copy file appraiserres.dll dan paste di folder sources, di tempat anda mengekstrak file ISO. Replace file jika diminta.
  • Selanjutnya klik dobel pada file Setup, kemudian klik Next dan selanjutnya klik Accept.
  • Setup Windows 11 kemudian akan memeriksa update untuk PC anda. Setelah itu jika anda ingin mengubah preferensi yang anda mau, maka klik Change what to keep.
  • Pilih satu di antara Keep personal files and apps, atau Keep personal files only atau Nothing dan klik Next.
  • klik Install.
  • Tunggu Hingga Instalasi Selesai
BACA JUGA  Cara Download / Cetak SPTJM Dapodik 2022 Lengkap

Komputer anda mungkin restart beberapa kali untuk menyelesaikan instalasi. Setelah selesai, anda dapat menggunakan Windows 11 di komputer yang tidak didukung.

Metode ini juga memungkinkan anda menyimpan file dan aplikasi pribadi anda. Tergantung pada preferensi yang anda pilih, anda dapat memilih salah satu dari dua opsi pertama. Namun, jika anda ingin mendapatkan Windows 11 sebagai instalasi baru tanpa file lama, maka anda dapat memilih opsi Nothing.

  1. Clean Install dengan Mengedit Registry

Metode ini mengharuskan anda memiliki setidaknya TPM 1.2. Jika tidak, maka anda tidak dapat melewati persyaratan TPM untuk menginstall Windows 11. Jika anda memiliki TPM 1.2, maka anda dapat mengikuti tutorial ini untuk membuat media Instalasi Windows 11 di komputer anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\MoSetup

  • Di lokasi ini, klik kanan pada MoSetup atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New – DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrCPU.
  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD yang baru dibuat, kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Selanjutnya restart komputer anda.
  • Klik pada F12, F9, Delete atau tombol lain yang ditunjuk untuk membuka boot manager.
  • Lanjutkan dengan proses instalasi Windows seperti biasanya.
  • Anda juga dapat menggunakan Windows 11 Installation Assistant untuk mengupgrade dari Windows 10 ke Windows 11 tanpa persyaratan TPM. Dalam hal ini, anda akan dapat menyimpan file dan aplikasi anda.
  • Jika anda menggunakan metode yang disebutkan di atas, maka anda akan menghapus semua file. Juga, saat menggunakan Windows 11 Installation Assistant mengharuskan anda memiliki tool PC Health Check di komputer anda.
  • Jika anda tidak dapat menemukan key MoSetup, anda dapat membuatnya. Untuk itu, klik kanan pada Setup, kemudian pilih New – Key dan beri nama dengan MoSetup. Setelah itu, anda dapat melanjutkan dengan proses yang disebutkan di atas.
BACA JUGA  PLN Mobile, Aplikasi PLN Yang Wajib Kalian miliki 2022

3. Buat Image untuk Diinstall

Metode ini hanya untuk admin IT yang perlu menerapkan Windows 11 pada beberapa hardware yang tidak didukung di kantor, sekolah atau organisasi lain. Anda dapat menggunakan DISM atau tools pihak ketiga lainnya untuk langsung membuat dan menerapkan Windows 11 image ke disk.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …