Tutorial Install VPS di VULTR 2022

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi VPS terbaik luar negeri di tahun 2022 ini dimana pada urutan pertama ada VULTR yang menjadi rekomendasi, pada artikel ini kami akan memberikan tutorial install VPS di VULTR.

Untuk diketahui, VULTR memiliki dua pilihan server VPS yaitu Cloud Compute yang menggunakan Disk SSD dan High Frequency yang sudah menggunakan Disk NVME serta memiliki CPU Clock diatas 3 GHZ.

Jika ditanya mengenai pilih mana diantara keduanya tentu saja kami lebih menyarankan untuk menggunakan High Frequency karena hanya berbeda $1 saja dibandingkan dengan Cloud Compute namun memiliki hardware dan fitur yang jauh lebih tinggi dibandingkan Cloud Compute.

Pada uji coba kami beberapa waktu lalu, dalam perihal kecepatan pun jauh lebih cepat high frequency ketika kami lakukan uji coba instalasi control panel cyberpanel.

Oke untuk mempersingkat, kita langsung mulai saja tutorialnya ya.

Langkah Install VPS di Vultr.

Login Akun

langkah isntall vps di vultr pertama adalah login ke akun vultr
login ke akun vultr ( screenshoot vultr.com)

Langkah pertama pastinya kalian wajib untuk login ke akun VULTR terlebih dahulu. Jika kalian belum memiliki akun maka diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan minimum topup awal sebesar $10. Dan untuk diketahui, Vultr juga memberikan bonus saldo $100 selama satu bulan dengan klik banner dibawah ini

Untuk topup awal kalian bisa menggunakan Jenius, Paypal ataupun Bank Jago.

Deploy Server

Setelah kalian berhasil login maka kalian akan diarahkan ke laman dashboard VULTR. Untuk melakukan install vps di vultr silahkan klik tombol ( + ) yang terletak di sebelah kanan dashboard kemudian pilih Deploy New Server

BACA JUGA  Cara Daftar Shopee Paylater Terbaru 2022
deploy VPS di Vultr
deploy VPS di Vultr (gambar screenshoot akun vultr qtech )

Memilih Jenis Server

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis server vultr, ada 4 pilihan jenis server yang bisa kalian pilih yaitu High Frequency Cloud Compute, Bare Metal dan Dedicated Cloud.

Untuk versi murah dan rekomendasi kalian bisa pilih High Frequency.

memilih jenis server vps vultr
memilih jenis server ( gambar screenshoot akun vultr qtech )

Memilih Lokasi Data Center

Setelah memilih jenis server selanjutnya kalian diwajibkan untuk memilih lokasi data center, bagi kalian yang menargetkan user dari Indonesia atau Asia kalian bia memilih lokasi server Singapura, namun jika target user kalian eropa maka kalian bisa piih server eropa dan jika target kalian USA kalian bisa pilih server USA.

memilih lokasi data center vps
memilih lokasi data center vps ( gambar screenshoot akun vultr qtech )

Memilih Sistem Operasi

Selanjutnya kalian juga diwajibkan untuk memilih Sistem Operasi yang akan digunakan, ada banyak sekali pilihan sistem operasi yang bisa kalian gunakan, namun yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah server website atau aplikasi adalah Ubuntu atau CentOS sedangkan membuat RDP pastinya Windows.

memilih sistem operasi
memilih sistem operasi ( gambar screenshoot akun vultr qtech )

Perlu diketahui, nantinya jika kalian memilih sistem operasi kalian juga wajib untuk melakukan instalasi control panel seperti Cyberpanel yang pernah kami ulas atau bagi kalian yang tidak mau repot kalian bisa juga menggunakan pilihan one click install aplikasi pada tab Marketplace Apps yang terdapat banyak sekali pilihan aplikasi maupun control panel baik yang gratis ataupun berbayar.

memilih sistem operasi
pilihan aplikasi one click

Memilih Spesifikasi Server & Additional Features

Dalam memilih spesifikasi server sesuaikan dengan budget yang kalian miliki ya, namun berdasarkan ujicoba kami untuk high frequency dengan spek 1 cpu 1 gb ram saja sudah sangat cukup untuk menangani website wordpress dengan banyak plugin serta traffic online berbarengan hingga 300 user.

memilih spesifikasi server
memilih spesifikasi server ( gambar screenshoot akun vultr qtech )

Setelah memilih spesifikasi server kalian juga bisa menambahkan beberapa additional feature aau fitur tambahan seperti IPV6 ( kalo ini sih wajib dipilih ), Auto backup dengan tambahan biaya, ddos proteksi dengan tambahan biaya dan cloud init user data.

BACA JUGA  Wajib Tau, Kode Rahasia Ponsel Android Lengkap 2022

Memasukkan HostName

Selanjutnya adalah memasukkan hostname seusai yang kalian inginkan

memasukkan hostname
memasukkan hostname ( screenshoot akun vultr qtech )

Setelah semua terisi silahkan klik tombol Deploy Now yang terletak dipojok kanan bawah untuk install vps di vultr dan tunggu hingga progressnya selesai. Setelah progressnya selesai maka dapat melihat VS yang telah kalian install pada laman utama dashboard vultr.

Untuk melihat alamat ip, username dan password ssh silahkan kalian klik pada vps yang telah kalian buat.

Setelah proses ini maka selesailah install vps di vultr, tentunya kalian ingin mengkoneksikan domain kalian ke vps yang telah kalian buat pastinya ya. Untungnya VULTR juga memiliki DNS Management loh berikut langkahnya.

Menghubungkan Domain Ke VPS Vultr

Klik Tombol +

Kalian bisa klik tombol + kemudian pilih ADD Domain atau pada tab DNS

Masukkan Domain dan IP VPS

Selanjutnya kalian tinggal memasukkan nama domain dan alamat IP VPS yang kalian miliki

Mengubah NS di Registar Domain

Langkah terakhir adalah melakukan perubahan Name Server pada registar domain yang kalian gunakan, untuk langkahnya setiap registar atau provider tempat aklian membeli domain sudah memberikan tutorialnya.

Itulah tadi cara install vps di Vultr, semuga membantu kalian.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …