Cara Install dan 2 Langkah Update Dapodik Terbaru di Komputer / Laptop

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial instalasi serta cara update aplikasi dapodik pada perangkat komputer / laptop.

Aplikasi Dapodik sendiri merupakan aplikasi yang wajib di miliki oleh seluruh penyelenggara pendidikan baik tingkat paud, sd, smp, sma hingga kesetaraan.

Untuk melakukan instalasi aplikasi dapodik diperlukan beberapa syarat yaitu untuk sistem operasi minimum menggunakan Windows 10. Jadi pastikan perangkat yang kalian gunakan sudah menggunakan windows 10 ya.

Oke untuk mempercepat kita langsung saja memulai langkah instalasinya.

Langkah Install Dapodik di Komputer / Laptop

Unduh Aplikasi Dapodik

unduh aplikasi dapodik
gambar screenshoot laman dapodikdasmen

Lahkah awal yang harus kaian lakukan adalah mengunduh aplikasi Dapodik melalui laman resminya https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan.

Pada laman tersebut akan menampilkan link unduhan aplikasi Dapodik yang bisa kalian gunakan. Silahkan kalian pilih salah satu saja kemudian klik unduh.

Unduh Data Prefill

Setalh mengunduh aplikasi dapodik silahkan kalian ke tab prefill untuk mengunduh data prefill milik sekolah masing-masing.

Pada laman prefill akan muncul pilihan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Silahkan pilih provinsi sekolah kalian.

Setelah itu kalian akan diarahkan ke laman generate prefill dapodik. silahkan kalian masukkan username, password dan kode registrasi sekolah yang kalian miliki.

generate prefill dapodik
gambar screenshoot laman dapodikdasmen

Setelah klik tombol generate silahkan tunggu terlebih dahulu proses generate prefill sekolah kalian. Setelah proses generate selesai silahkan kalian klik tombol download.

Install Aplikasi Dapodik

Setelah aplikasi serta data prefill terunduh maka selanjutnya adalah membuka aplikasi installer dapodik yang telah kalian unduh tadi dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

BACA JUGA  Cara Cek CPU Android dengan Mudah 2022
lakukan instalasi dapodik

Setelah proses instalasi selesai kalian bisa menghilangkan ceklist pada kotak lihat readme kemudian klik tombol Selesai untuk ke tahap selanjutnya dimana secara otomatis aplikasi dapodik akan terbuka pada browser yang kalian gunakan.

Registrasi Dapodik

registrasi dapodik

Pada browser yang secara otomatis terbuka tadi kalian akan ditampilkan halaman registrasi dimana terdapat pilihan OFFLINE ( apabila kalian ingin melakukan registrasi secara offline dengan menggunakan data prefill ) sedangkan jika kalian memilih ONLINE maka tidak diperlukan data prefill.

Namun pada artikel ini kami akan menggunakan metode offline dengan menggunakan prefill dapodik.

Silahkan kalian pilih metode offline kemudian masukkan kode registrasi sekolah, username serta password login aplikasi dapodik.

Setelah itu silahkan buka folder download untuk melakukan copy data prefill yang sudah di download lalu pastekan ke folder C -> Prefill Dapodik

Setelah data prefill selesai di pindahkan ke folder C -> prefill dapodik silahkan kalian buka kembali browser dan klik tombol REGISTRASI dan tunggu hingga proses registrasi selesai.

Setelah Proses Registrasi selesai kalian bisa langsung melakukan login menggunakan username dan password dapodik yang kalian miliki.

Selain melakukan instalasi, pihak Dapodikdasmen juga akan memperbaharui aplikasinya dalam periode tertentu untuk menambah fitur-fitur baru atau memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.

Pada proses update sendiri terbagi menjadi dua yaitu update full dan update patch lantas bagaimana langkah mengupdatenya? berikut langkahnya.

Langkah Update Aplikasi Dapodik

Update Patch

Proses yang pertama adalah update patch. Untuk update patch sendiri kalian akan diinformasikan oleh satuan gugus masing-masing kabupaten atau kota. Update patch sendiri hanya memperbaharui versi tanpa mengubah apapun. Untuk langkahnya seperti berikut :

  1. Unduh aplikasi update patch dapodik ( contoh dapodik 2022.a/2022.b/2022.c ) pada laman dapodikdasmen seperti mengunduh aplikasi dapodik.
  2. Pastikan kalian tidak sedang melakukan login ke aplikasi dapodik.
  3. Buka file unduhan dan lakukan instalasi
  4. Bersihkan riwayat browser
  5. Buka aplikasi dapodik
  6. Aplikasi dapodik sudah selesai di update
BACA JUGA  PLN Mobile, Aplikasi PLN Yang Wajib Kalian miliki 2022

Update Full

Proses kedua adalah update aplikasi full dimana pada update ini seluruh data akan tereset. Jadi pastikan sebelum kalian melakukan update aplikasi full kalian telah melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik terlebih dahulu agar nantinya tidak terdapat kendala seperti data yang telah diubah pada aplikasi hilang ataupun iputan yang ada di aplikasi dapodik hilang.

Untuk update full sendiri kalian juga akan di informasikan melalui satuan gugus tugas masing-masing.

Untuk langkah melakukan upgrade versi full berbeda dengan versi patch. Berikut Langkahnya

Hapus Aplikasi Dapodik

  1. Klik logo jendela atau windows pada pojok kiri bawah
  2. Pilih icon gear atau pengaturan
  3. Pilih menu aplikasi
  4. Pada opsi aplikasi dan fitur cari dapodik
  5. Klik menu dapodik dan klik tombol hapus instalan
  6. Buka Drive C
  7. Jika folder prefill dapodik masih ada silahkan dihapus
  8. Restart komputer / laptop

Setelah perangkat terestart kalian dapat melakukan instalasi aplikasi dapodik terbaru.

Itulah tadi Cara Install dan 2 Langkah Update Dapodik Terbaru di Komputer / Laptop. Semoga membantu kalian. Kami juga akan membahas mengenai aplikasi dapodik serta informasi penting lainnya.

Note : tutorial ataupun informasi yang kami ulas berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari salah satu team kami yang bertugas menjadi operator dapodik.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …