Rekomendasi Hosting Email Domain Gratis 2022

Hosting email domain gratis di tahun 2022 ini masih ada loh, salah satunya adalah Zoho yang memberikan layanan email costum domain gratis.

Menggunakan email dengan costum domain seperti contoh [email protected] tentunya akan membuat bisnis menjadi lebih profesional.

Untuk membuat email costum domain sendiri sebenarnya tidaklah sulit dimana pada sebagian layanan hosting memungkinkan anda untuk membuat email dengan alamat domain yang anda miliki.

Meski demikian pada sebagian provider tidak membuka port email dikarenakan spam yang berujung kalian tidak bisa membuat email menggunakan alamat domain yang kalian miliki melalui control panel server.

Untuk mengakalinya kalian bisa menggunakan salah satu layanan hosting email domain gratis dari Zoho. Adapun langkah untuk membuatnya sebagai berikut:

Tutorial Membuat Email Domain Gratis Zoho

Daftar Akun

Rekomendasi Hosting Email Domain Gratis 2022 Zoho ( gambar Screenshoot zoho.com )

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendaftar akun terlebih dahulu pada url https://zoho.com. kemudian klik menu Daftar Gratis.

langkah 1 membuat email domain gratis di zoho ( gambar Screenshoot zoho.com )

Silahkan masukkan alamat email dan password yang akan kalian gunakan kemudian ceklist Saya setuju untuk Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi lalu klik tombol Daftar Gratis. atau kalian juga bisa melakukan pendaftaran menggunakan akun Google, Linkedin ataupun Microsoft Office.

Setelah kalian berhasil mendaftar maka kalian akan diminta untuk memilih apakah kalian ingin memilih menggunakan nama domain costum atau menggunakan domain zoho. Silahkan pilih create domain based email account in Zoho lalu klik tombol Proceed sepergi bambar dibawah.

BACA JUGA  Cara Transfer DANA Ke Ovo, Gopay, LinkAja, ShopeePay Anti Gagal 2022
langkah 2 membuat email domain gratis di zoho ( gambar Screenshoot zoho.com )

Penyiapan Email

Setelah berhasil membuat akun maka langkah berikutnya adalah penyiapan email, dalam penyiapan email ini ada beberapa proses yang harus kalian ikut seperti dibawah.

Memilih Paket

langkah 3 membuat email domain gratis di zoho ( gambar Screenshoot zoho.com )

Tahap pertama kalian akan diminta untuk memilih paket. Ada beberapa pilihan paket termasuk paket Gratis. Untuk menggunakan paket gratis silahkan klik tombol Coba Sekarang.

Menambahkan Domain

langkah 4 membuat email domain gratis di zoho ( gambar Screenshoot zoho.com )

Langkah selanjutnya adalah menambahkan domain yang telah kalian miliki dengan klik Tombol Tambah Sekarang dilanjutkan memassukan alamat domain, nama organisasi, jenis industri kemudian klik tombol Tambahkan seperti gambar dibawah.

( gambar Screenshoot zoho.com )

Verifikasi Domain

( gambar Screenshoot zoho.com )

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi domain. Silahkan kunjungi dashboard management dns yang kalian gunakan lalu membuat record TXT seperti yang diminta oleh Zoho untuk melakukan verifikasi.

Pada contoh dibawah kami menggunakan dns management VULTR.

gambar vultr.com

Setelah selesai membuat record txt pada dns managemen domain maka tunggu 5-15 menit masa propagansinya selanjutnya kalian klik tombol Verifikasi Catatan TXT.

Pembuatan Akun

Setelah selesai memverifikasi TXT silahkan kalian verifikasikan kepemilikan domain dengan mengisi alamat domain yang akan kalian gunakan seperti contoh gambar dibawah ini kemudian klik buat.

( gambar Screenshoot zoho.com )

Setelah klik tombol buat maka kalian akan diarahkan ke laman pengguna yang tertulis nama pengguna kalian. Untk melanjutkan silahkan klik tombol Lanjut ke Group Penyiapan yang terletak pada bagian bawah dashboard seperti gambar dibawah ini.

( gambar Screenshoot zoho.com )

Pada Group jika kalian tidak inging menambahkan anggota silahkan kalian klik tombol lanjutkan ke pemetaaan DNS.

( gambar Screenshoot zoho.com )

Pada laman pemetaan DNS kalian akan diminta untuk membuat record kembali, kali ini kalian diminta untuk membuat 3 record MX sesuai dengan perintah Zoho. Untuk membuat record MX ini Silahkan kalian ke menu dns management registar domain kalian lalu buat seperti contoh gambar dibawah ini. ( apabila dalam menu dns management domain terdapat record MX selain milik Zoho silahkan kalian hapus terlebih dahulu ) apabila sudah selesai silahkan klik tombol Verifikasi MX

BACA JUGA  IDCloudhost Promo VPS, Hosting dan Domain 2022 Wajib tau
gambar vultr.com
( gambar Screenshoot zoho.com )

Setelah selesai dan terverifikasi silahkan klik tombol Lanjutkan ke Konfigurasi SPF untuk melanjutkan proses.

( gambar Screenshoot zoho.com )

Pada pilihan spf silahkan kalian buat record TXT dengan kode yang diberikan oleh Zoho. Pembuat record ini sama seperti tahap awal menverifikasikan domain. Setelah selesai silahkan klik tombol Verifikasikan SPF kemudian lanjutkan ke Konfigurasi DKIM.

DKIM adalah sistem validasi email yang menggunakan enkripsi untuk memvalidasi jika email telah dikirim dari server resmi yang dikonfigurasi oleh administrator domain. Tambahkan pemilih dan masukkan nilai Catatan TXT yang dihasilkan di penyedia DNS Anda untuk mengaktifkan DKIM untuk domain Anda.

Setelah memverifikasi DKIM lanjutkan ke migrasi email. Namun jika kalian tidak ingin melakukan migrasi silahkan kalian klik langsung tombol Lanjutkan ke konfigurasi seluler kemudian selesaikan. lalu buka email kalian dan coba untuk mengirim serta menerima email dari email domain kalian tersebut. Pastikan email kalian dapat mengirim atau menerima ya.

Hingga tahap ini kalian telah berhasil membuat akun email. untuk melakukan login emal Zoho ada dua cara yaitu menggunakan perangkat desktop/laptop atau menggunakan aplikasi android. Adapun langkah loginnya seperti berikut.

Cara Login Email Domain Zoho

Login Email menggunakan Browser

  1. Buka Browser
  2. Kunjungi laman https://mail.zoho.com
  3. Klik menu Masuk
  4. Masukkan Alamat Email domain anda contoh [email protected]
  5. Masukkan password
  6. Login

Login Email Menggunakan Smartphone

  1. Unduh aplikasi Zoho Mail pada Playstore atau APPStore
  2. Buka aplikasi Zoho
  3. Login menggunakan email dan password kalian.

About qtech

Check Also

Mengatasi Error "File Is Too Large for the Destination File System" di Windows

Mengatasi Error “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Terkadang Windows akan menolak untuk memindahkan file dengan alasan terlalu besar, meskipun tujuannya memiliki banyak …