Cara Update WordPress Otomatis Dan Manual Lengkap 2022

Qtech.id — Masih bingung cara update wordpress baik secara otomatis ataupun manual? Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial Update WordPress secara otomatis dan juga manual yang bisa kalian jadikan referensi ketika hendak melakukuan update pada website yang menggunakan CMS WordPress.

Kenapa Harus Update WordPress ?

kenapa harus update wordpress ?

WordPress selalu menlakukan mengeluarkan versi baru pada jangka waktu tertentu untuk memperbaiki kesalahan atau bug pada versi sebelumnya serta menambahkan fitur pada versi terbaru.

Melakukan update WordPress sangatlah penting karena jika kalian menggunakan versi wordpress yang telah usang atau tidak update maka website kalian sangat rentan dari serangan hacker, tidak dapat menggunakan fitur baru serta lebih lambat dibandingkan menggunakan versi terupdate.

Setiap kali WordPress merilis versi terbaru, kalian akan mendapatkan notifikasi terkait update tersebut pada halaman dashboard administrator ataupun kalian bisa melihatnya pada menu pembaruan.

tutorial update wordpress

Untuk melakukan update pada wordpress sendiri dapat melalui dua cara yaitu otomatis dan manual. Adapun untuk langkahnya seperti berikut ini :

Cara Update WordPress Otomatis

Untuk langkah update wordpress secara otomatis kalian bisa ke menu pembaruan maka pada laman tersebut akan ada pilihan update wordpress otomatis. Fitur ini merupakan fitur bawaan wordpress. Atau kalian juga dapat menggunakan plugin.

Cara Update WordPress Manual

Langkah kedua adalah melakukan update wordpress manual dimana untuk langkah update manual berbeda dengan langkah otomatis ya.

Syarat Update Manual

Sebelum memulai untuk melakukan update secara manual kalian harus tau terlebih dahulu syaratnya yaitu kalian harus memiliki akses login ke cpanel ( control panel ) server / website kalian. karena nantinya proses update manual harus melalui file manager di control panel.

BACA JUGA  PLN Mobile, Aplikasi PLN Yang Wajib Kalian miliki 2022

Oke setelah kalian mengetahui syaratnya, sekarang kita mulai update wordpress manual.

Backup Data

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ketikan akan melakukan update manual adalah melakukan backup data. Backup data sangat diperlukan agar ketika dilakukan proses update dan ternyata website kalian rusak maka kalian bisa melakukan restore ke data sebelum update.

Untuk langkah backupnya sendiri kalian bisa melakukan full backup melalui menu control panel ataupun kalian bisa melakukannya secara manual dimana kalian melakukan backup seluruh isi dalam folder Public_html serta melakukan backup database.

Nonaktifkan Plugin

Untuk nonaktifkan plugin sebenarnya pilihan opsional jadi bisa kalian lakukan ataupun tidak. Fungsi dari mematikan plugin sendiri adalah untuk menghindari konflik ketika proses update dimulai nantinya.

Mengunduh WordPress

Selanjutnya adalah kalian wajib mengunduh versi wordpress terbaru langsung dari wordpress.org agar terjamin file tersebut bersih baik dari virus ataupun tindakan jahat lainnya.

Kalian bisa mengunduh file wordpress terbaru pada laman download wordpress Download WordPress Versi Terbaru.

Exctract File WordPress Terbaru

Setelah file wordpress terbaru selesai terunduh maka kalian bisa melakukan extract terlebih dahulu file tersebut karena hanya beberapa folder saja yang akan digunakan.

Setelah berhasil di extract silahkan kalian buka folder wordpres hasil extract dan hapus folder wp-content.

Setelah folder tersebut kalian hapus maka langkah selanjutnya adalah mengkompres folder wordpress kedalam zip.

Login Ke Control Panel

Setelah kalian berhasil membuat file zip langkah selanjutnya adalah melakukan login ke Control panel kemudian pilih file manager dan buka folder Public_html.

Dalam folder public_html kalian akan melihat banyak sekali isinya seperti folder dan file-file lainnya. Pada tahap ini silahkan kalian ahpus seluruh isi dalam folder tersebut KECUALI folder WP-ADMIN, file .HTACESS dan file WPconfig.

BACA JUGA  Coca Cola Gratis Indomaret & Alfamart Terbaru 2022 Anti Gagal

Ingat jangan mengapus satu folder dan 2 file diatas. sehingga tersisa seperti gambar berikut

Selanjutnya adalah mengunggah file wordpress yang telah kalian buat menjadi zip tadi dan Setelah terunggah silahkan kalian lakukan extract.

Update Database

Setelah kalian melakukan hal diatas maka ketika kalian mengakses url situs kalian akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan update database. Silahkan kalian klik tombol update.

Itulah tadi Cara Update WordPress Otomatis Dan Manual Lengkap 2022.

Penting!

Lakukan proses update dikala pengunjung sepi atau tengah malam karena proses update akan membuat website kalian offline selama proses update. Dan jangan sampai lupa untuk melakukan backup.

About qtech

Check Also

cara mendapatkan uang dari internet

5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

Cara mendapatkan uang dari internet adalah hal yang kerap dicari banyak orang saat ini, karena …