Cara Memilih Hosting Untuk Pemula 2022

Memilih Hosting menjadi salah satu hal terpenting dalam membuat sebuah website, Hosting sendiri diibaratkan sebuah rumah dimana seluruh informasi, data baik script, gambar dan lainnya disimpan didalamnya.

Memilih hosting bisa dibilang gampang-gampang susah karena saat ini ada banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan hosting baik di Indonesia ataupun luar negeri. Selain itu ada banyak sekali pilihan jenis hosting.

Hingga saat ini hosting sendiri bibagi menjadi 4 yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS, Dedicated Server, Colocation Server. Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing loh mulai dari akses yang diberikan hingga peraturan-peraturan lainnya. Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskannya dibawah ini :

Jenis-Jenis Hosting

Cara Memilih Hosting Untuk Pemula

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan sebuah layanan hosting dimana sebuah website diletakkan pada server bersamaan dengan website lainnya. Untuk diketahui dalam 1 server shared hosting bisa terdapat puluhan hingga ratusan website.

Kelebihan dari shared hosting sendiri adalah biaya yang dikeluarkan murah dan kalian tidak perlu memiliki pengetahuan tentang server, meski demikian kekurangan dari shared hosting sendiri ada di tingkat privacy dan performanya.

2. Cloud Hosting

Yang kedua ada cloud hosting yang saat ini sedang ramai dibicarakan dan digunakan karena memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan shared hosting namun memiliki biaya yang murah.

Tidak seperti shared hosting yang mengandalkan satu server, cloud hosting ini menggunakan beberapa buah server untuk menyeimbangkan performa dan uptime.

BACA JUGA  Rekomendasi VPS Terbaik Luar Negeri 2022

Cloud hosting juga sama seperti shared hosting dimana kalian hanya perlu menyewanya saja tanpa harus memikirkan pusingnya mengurus server.

3. Virtual Private Server ( VPS )

Ketiga ada Virtual Private Server ( VPS ). VPS sendiri berbeda dengan Shared hosting ataupun Cloud hosting dimana kalian harus memiliki pengetahuan dalam mengelola server, menginstal control panel hingga melakukan maintenance server.

VPS sendiri merupakan sebuah server virtual layaknya sebuah komputer dimana VPS memiliki CPU, RAM, dan Disk. Kalian bisa bebas menggunakan semua resource yang dimiliki tanpa harus terganggu dengan pengguna lainnya.

VPS sendiri biasa digunakan pada website yang membutuhkan sumberdaya besar ataupun memiliki traffic tinggi dan menjadi pilihan terbaik ketika kalian ingin melakukan upgrade dari shared hosting.

Kelebihan dari VPS kalian memiliki full akses tanpa batasan-batasan sesuai dengan spesifikasi server yang kalian pilih. Kekurangan dari VPS memerlukan keahlian dalam mengelola server serta membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan shared hosting.

4. Dedicated Server

Dedicated server merupakan jenis hosting yang paling tinggi dimana kalian benar-benar menyewa 1 unit komputer yang pastinya memiliki kelebihan dibandingkan shared hosting dan VPS yang hanya merupakan Virtualisasi sebuah server.

Dengan menyewa sebuah dedicated server kalian bisa membuat banyak VPS serta shared hosting. Dedicated server sendiri biasa digunakan untuk website yang memiliki traffic benar-benar tinggi atau perusahaan yang membutuhkan keamanan lebih baik.

Kekurangan dari dedicated server pastinya di harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Mengutip beberapa sumber, harga sewa 1 buah dedicated server paling murah diatas Rp 1 Juta perbulannya.

Setelah mengetahui jenis-jenis hosting, sekarang kami akan memberikan tips Memilih Hosting Untuk Pemula

BACA JUGA  Rekomendasi Hosting Email Domain Gratis 2022

Tips Memilih Hosting

tips memilih hosting

1. Pilih Hosting Terpercaya

Yang pertama harus kalian lakukan adalah memilih hosting yang telah terpercaya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan-perusahaan hosting yang profesional dan terbukti kehandalannya antara lain NiagaHoster, Rumahweb, Idcloudhost, Exabytes dan lainnya.

2. Cek Paket Secara Detail

Setelah memilih layanan hosting yang akan digunakan selanjutnya kalian harus lakukan cek secara mendetail pilihan-pilihan paket yang disediakan jangan hanya tergiur harga yang murah. Adapun hal yang harus kalian perhatikan adalah :

  1. Kapasitas penyimpanan
  2. Bandwith ( traffic )
  3. Inodes dan hal-hal lainnya

3. Cek Review Hosting

Saat ini ada banyak sekali situs yang mereview layanan hosting secara detail seperti penasihathosting atau cekhosting yang dapat kalian jadikan rekomendasi ketika bingung memilih layanan hosting mana yang ingin digunakan.

Tambahan

Selain beberapa hal diatas ada informasi lain yang ingin kami berikan. Jika kalian merupakan pemula atau baru ingin membuat sebuah website kalian bisa menggunakan layanan shared hosting, ketika traffic sudah mulai besar kalian bisa melakukan upgrade ke vps.

Itulah tadi Cara Memilih Hosting Untuk Pemula, semoga dapat membantu kalian.

About Me

About qtech

Check Also

aplikasi kompres foto

5 Aplikasi Kompres Foto di HP yang Paling Recommended

Aplikasi kompres foto di HP adalah salah satu aplikasi yang harus diketahui oleh semua orang …